Xperia 5, Smarpthone Flagship Baru Milik Sony Diumumkan

Liputan6.com, Jakarta – Walau kini sudah tidak sepopuler Samsung, Xiaomi, Huawei, Oppo, dan Apple, Sony ternyata masih giat memproduksi smartphone.

Setelah memperkenalkan Xperia 1 pada 30 Mei 2019, perusahaan mengungkap smartphone flagship teranyarnya di ajang IFA 2019, yaitu Xperia 5.

Dalam hal bentuk, Xperia 5 merupakan versi mungil (compact) dari Xperia 1. Dia tampil dengan layar berukuran 6,1 inci OLED Full HD+ CinemaWide dengan aspek ratio 21:9.

Xperia 5 bakal ditenagai oleh chipset terbaru Snapdragon 855 besutan Qualcomm, didongkrak oleh RAM 6GB.

Untuk media penyimpanan, Xperia 5 bakal hadir dengan memori internal sebesar 128GB yang bisa ditambah kapasitasnya hingga 1TB via slot microSD.

2 dari 3 halaman

Kamera Xperia 5

Sony ungkap smartphone teranyarnya, Xperia 5. (Doc: Sony Mobile)

Lebih lanjut, Xperia 5 hadir dengan kombinasi tiga kamera belakang berkemampuan 12MP dengan dua lensanya wide angle dan telephoto.

Sementara itu, untuk kamera depannya itu hadir dengan lensa 8MP.

Xperia 5 tampil dengan baterai berkapasitas 3,140mAh dan sistem operasi Android 9.0.

Sony rencananya bakal mulai dijual di pasaran pada Oktober 2019 dengan harga kisaran Rp 12 jutaan.

3 dari 3 halaman

Smartphone Sony Xperia Terbaru Punya 6 Kamera Utama?

Xperia 1. (Doc: Sony)

Setelah ramai-ramai menghadirkan kombinasi tiga kamera belakang, banyak vendor yang mulai merambah lensa kamera utama hingga empat lensa untuk deretan smartphone teranyar mereka.

Saat ini, Nokia 9 PureView adalah satu-satunya smartphone di pasaran dengan kamera belakang paling banyak, yakni lima lensa. Namun, posisi tersebut mungkin akan beralih ke perusahaan lain.

Dikutip dari laman Phone Arena, Kamis (13/6/2019), Sony dikabarkan sedang mengembangkan smartphone Xperia baru yang memiliki enam kamera utama.

Informasi ini muncul berdasarkan laporan dari pembocor rahasia ternama Max J. Sebelumnya, ia sempat membocorkan informasi yang akurat tentang smartphone teranyar Samsung.

Meski baru sebatas gambar render, keenam lensa kamera utama seri Xperia yang belum ada namanya ini akan dipasangkan dengan dua kamera selfie.

(Ysl/Isk)