XL Sebut Jaringan Komunikasi di Papua Lancar

Liputan6.com, Jakarta – Terkait kerusuhan di Papua, XL menyebut jaringan komunikasinya tetap berjalan lancar. Hal ini dikatakan oleh Tri Wahyuningsih Group Head Corporate Communication XL Axiata.

“Sehubungan dengan situasi terkini di Papua, khususnya Manokwari, Sorong, dan Jayapura, sampai saat ini secara keseluruhan jaringan XL Axiata tetap aman dan beroperasi secara normal,” ujar Tri Wahyuningsih kepada Tekno Liputan6.com.

XL, lanjut Tri, “akan terus melakukan pemantauan untuk memastikan layanan kepada pelanggan atau masyarakat tidak terganggu.”

Sebelumnya diwartakan bahwa Kemkominfo melakukan throttling atau pelambatan akses/bandwidth di beberapa wilayah Papua.

Diungkapkan oleh Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu, pelambatan akses internet ini dilakukan terkait dengan aksi pada Senin 19 Agustus 2019 di Manokwari, Jayapura, dan beberapa tempat lainnya.

2 dari 2 halaman

Kemkominfo Batasi Akses Internet saat Terjadinya Kerusuhan Papua

“Pelambatan akses dilakukan secara bertahap sejak Senin (19/8) pukul 13.00 WIT,” kata pria yang karib disapa Nando ini.

Ia menambahkan, seiring dengan situasi di wilayah Papua yang sudah kondusif, maka mulai malam ini (pukul 20.30 WIT) akses telekomunikasi sudah dinormalkan kembali.

Nando mengatakan, tujuan dilakukannya pembatasan akses internet adalah untuk mencegah penyebaran hoaks yang kian memicu aksi.

“Dapat kami sampaikan bahwa tujuan dilakukan throttling adalah untuk mencegah luasnya penyebaran hoaks yang memicu aksi,” kata dia.

(Why/Ysl)