XL dan Telkomsel Antisipasi Kenaikan Trafik Data Saat Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta – Jelang pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif 2019, operator seluler sibuk mempersiapkan jaringannya.

Pasalnya, operator mengantisipasi kenaikan trafik selama berlangsungnya pilpres dan pileg 2019 pada Rabu (17/4/2019).

Saat pesta demokrasi Indonesia ini berlangsung, diperkirakan trafik data akan meningkat, terutama dari layanan media sosial.

Misalnya platform medsos Facebook, Instagram, Twitter, pesan singkat instan seperti WhatApps, Telegram, BBM, hingga Line.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah antisipatif dalam menyambut kenaikan trafik saat Pilpres.

“Kebetulan, karena ini berdekatan dengan bulan Ramadan lalu Lebaran, kami antisipasi ini sudah sekalian masuk dengan persiapan untuk jaringan Lebaran,” kata Yessi dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com.

Yessie mengatakan, pihaknya akan terus memantau kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, misalnya di KPU, media center, serta area ring 1.

XL memperkirakan, kenaikan trafik data bakal meningkat antara 5-10 persen. Sementara, kenaikan trafik voice dan SMS diperkirakan sekitar 3 persen.