Xiaomi Mi A3 Resmi Dirilis, Pakai Snapdragon 665 dan Tiga Kamera Utama

Liputan6.com, Jakarta – Tabir misteri tentang smartphone Xiaomi berbasis sistem operasi Android One, Mi A3, akhirnya terungkap.

Perusahaan asal Tiongkok itu resmi mengungkap Mi A3 di Spanyol, dengan tetap mengusung Android One atau Android murni langsung dari kotaknya.

Dalam kategori, Mi A3 mengusung prosesor Snapdragon 665, RAM 4GB, dan opsi memori internal sebesar 64GB atau 128GB.

Layarnya kini mengusung panel AMOLED dengan bentang 6 inci dengan resolusi 1560×720. Spesifikasi ini disokong oleh baterai dengan kapasitas 4.030mAh dan pengisian daya 18 watt.

Soal kamera, Mi A3 mendapatkan pembaharuan dari generasi sebelumnya. Pasalnya kini Mi A3 mengusung tripel kamera dengan konfigurasi kamera utama 48MP, kamera wide angle 8MP, serta kamera sensor kedalaman 2MP.

Spesifikasi penting lainnya adalah USB type C, headphone jack, dual SIM, serta tentunya Android One.

Berapa harga Xiaomi Mi A3 saat meluncur di pasaran? Xiaomi Mi A3 4GB+64GB dijual seharga Rp 3,9 juta, sementara varian 4GB+128GB sekitar Rp 4,4 juta.

2 dari 2 halaman

Konsisten dengan Android One

Logo Xiaomi (Foto: Agustin Setyo Wardani / Liputan6.com)

Informasi ini diketahui dari Global VP Xiaomi, Manu Kumar Jain, dalam kicauannya beberapa waktu lalu.

Melalui kicauannya, Jain menyebutkan bahwa akan ada perangkat baru dari Xiaomi yang memakai chipset Snapdragon paling anyar dari Qualcomm.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (29/4/2019), informasi ini diumumkan tidak lama usai dirinya bertemu dengan pihak Qualcomm.

Smartphone anyar dari Xiaomi dengan Snapdragon terkini 7__ (yang diumumkan dua minggu lalu) segera menyambangi India! Ada yang bisa menebaknya?,” tulisnya melalui akun @manukumarjain.

Meski Jain tidak mengungkap seri chipset yang dimaksud, sejumlah pihak menduga angka 7 itu merujuk pada Snapdragon 730. Qualcomm sendiri memang baru memperkenalkan model ini pada dua minggu lalu.

Lantas, model smartphone anyar Xiaomi mana yang akan menggunakan chipset ini? Menjawab pertanyaan itu, sejumlah prediksi menyebut chipset ini akan digunakan untuk Xiaomi Mi A3.

Prediksi tersebut didukung dengan sejumlah kabar sebelumnya yang menyebut bahwa Xiaomi Mi A3 bakal dipersenjatai Snapdragon 730.

Selain itu, smartphone ini akan hadir dengan tiga kamera utama yang masing-masing beresolusi 48MP, 8MP, dan 13MP.

Reporter : Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com