Vexanium Siap Dukung E-voting Berbasis Blockchain Pada Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta – Platform berbasis blockchain, Vexanium, baru saja memperkenalkan jaringan blockchain-nya sendiri (mainnet) dengan menggunakan konsensus DPOS (Delegated Proof of Stake) yang memungkinkan para pengguna dapat melakukan voting.

Teknologi tersebut diklaim dapat diimplementaskan pada e-voting pemilihan umum (pemilu) 2024. Kelebihan dari e-voting di jaringan blockchain ini memungkinkan adanya pemilu yang bersifat anonim, terhindar dari kecurangan, dan transparan di saat yang bersamaan.

Founder dan CEO Vexanium Danny Baskara mengklaim, peluncuran mainnet ini merupakan kali pertama yang diluncurkan oleh perusahaan blockchain Indonesia.

“Ini merupakan sebagian langkah awal dari banyak langkah besar yang akan diambil untuk mendorong kemajuan ekonomi Indonesia dan memperbanyak talent dalam bidang blockchain,” ujar Danny melalui keterangannya, Jumat (28/6/2019).

Ia menjelaskan, Mainnet Vexanium memiliki beberapa fitur elemen yang dapat mendukung setiap ekosistem yang berjalan di atas blockchain Vexanium.

“Fitur utama yang ditawarkan mainnet Vexanium adalah VEXPlorer (VEX Browser), VEX Wallet, dan DApps (Decentralized Applications),” ucapnya menambahkan.

2 dari 3 halaman

Apa Itu VEXPlorer?

Dok: Vexanium

VEXPlorer merupakan salah satu fitur dan elemen support dalam blockchain Vexanium. Dengan menggunakan fitur ini pengguna dapat memantau live chart VEX-USD secara langsung.

Juga memantau harga token RAM hingga melakukan pembelian atau pun penjualan RAM, di mana RAM diperlukan untuk melakukan segala transaksi yang berjalan di atas blockchain Vexanium, seperti melakukan pengiriman VEX hingga melakukan satu aksi dalam suatu DApps.

Sementara VEX Wallet adalah wallet yang berada di atas jaringan blockchain Vexanium. Keistimewaan dari VEX Wallet ini adalah tidak dikenakannya fee transaction pada setiap transaksi pengiriman VEX atau pun ketika sedang melakukan satu aksi dalam suatu Dapps, misalnya melempar dadu.

Namun user cukup membeli net cpu/ram menggunakan VEX dari VEX Wallet. Fitur lainnya dari wallet ini adalah mengirimkan VEX dari satu akun ke akun yang lain. VEX Wallet pada PC akan diluncurkan pada 29 Juni 2019.

Kemudian VEX DApps merupakan Decentralized Application yang dapat kamu akses melalui VEX Wallet. Kamu dapat memilih tipe DApps apa yang ingin kamu coba, misalnya gim. Jika kamu memilih DApps gim, maka kamu bermain gim bersama user lain dengan menggunakan token VEX.

(Isk/Ysl)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: