Vexanium Ajak Developer Buat Gebrakan untuk Indonesia Lewat Blockchain

Liputan6.com, Jakarta – Teknologi blockchain akhir-akhir ini menjadi pembicaraan karena kemampuannya untuk melakukan disrupsi terhadap bisnis yang ada saat ini.

Blockchain bersama dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sering disebut sebagai pemimpin dari revolusi teknologi 4.0.

Teknologi blockchain sendiri adalah database yang bersifat trusted karena data disimpan di banyak tempat yang disebut dengan miner, atau block producer.

Karakter blockchain ternyata bisa membuat bisnis harus memikirkan ulang bisnis modelnya, sedangkan aplikasi yang berbasis blockchain biasa disebut decentralized application atau Dapps.

Beberapa contoh disrupsi yang dilakukan blockchain misalnya pengiriman uang secara peer to peer tanpa melalui middleman atau perantara seperti halnya Bitcoin, pemakaian blockchain untuk e-voting, pencatatan kepemilikan saham sampai ratusan orang di suatu perusahaan (equity crowdfunding).

Bisa juga diterapkan di property (hotel, apartemen, dan lainnya) yang biasa disebut fractional ownership serta bisa secara drastis meningkatkan likuiditas di pasar, dan banyak disrupsi lainnya.

Berkaitan dengan teknologi tersebut, salah satu public blockchain lokal terbesar di Indonesia, Vexanium, baru saja mencanangkan “Hari kemerdekaan blockchain lokal Indonesia”.

2 dari 2 halaman

Kompetisi Bertaraf Internasional

Dok: Vexanium

Ajang ini merupakan kompetisi Dapps internasional bagi para developer di Indonesia dan juga seluruh dunia. Demikian seperti yang dikutip dari keterangan pers Vexanium, Rabu (17/7/2019). 

Ini merupakan ajang bagi para developer untuk mulai memahami potensi dan manfaat Dapps, dan juga membangun aplikasi terdesentralisasi yang bisa memberikan dampak positif bagi pengguna di Indonesia dan seluruh dunia.

Kompetisi ini berhadiah total 1 juta Vex untuk 6 orang pemenang plus total 300,000 Vex special prize untuk 3 pemenang. Developer yang ingin mempelajari potensi Dapps dan cara membuat Dapps dengan platform Vexanium di dev.exanium.com.

Sementara developer yang ingin mengikuti kompetisi Dapps bisa mendapatkan info lebih lanjut di vexanium.com/dapp-competition.

Vexanium mengajak para developer menjadi bagian dari revolusi industri 4.0 di indonesia.

(Isk/Ysl)