Ups, Aplikasi iPhone Ketahuan Ambil Data Pengguna Saat Tidur

Liputan6.com, Jakarta – Pernah merasa curiga┬áketika lengah ada yang bakal memata-matai dan mengumpulkan informasi tentang kita? Bisa jadi, selama ini ada hal seperti itu tapi kita tidak menyadarinya.

Mengejutkannya, hal itu mungkin terjadi sangat dekat dengan kita. Ya, dari smartphone yang sehari-hari kita gunakan. iPhone contohnya.

Investigasi baru dari The Washington Post dan perusahaan keamanan Disconnect menyebutkan, ada 5.400 aplikasi pelacak di iPhone yang mengirimkan data pengguna smartphone ke server pihak ketiga saat mereka tidur!

Dilansir Tekno Liputan6.com dari Daily Mail, Kamis (30/5/2019), informasi yang dikirim bisa berupa nama, email, alamat IP hingga lokasi pengguna saat ini.

Bukan cuma itu, ribuan aplikasi ini juga bisa ‘mencuri’ data pengguna saat iPhone sedang tidak digunakan. Aplikasi ini memanfaatkan fitur Background App Refresh.

Mengejutkannya lagi, ternyata aplikasi ini cukup populer seperti Nike, Spotify, OneDrive dan lainnya. Data yang disedot juga jumlahnya hingga 1,5GB.