Tombol Back Raib, Android Q Bakal Seutuhnya Usung Swipe Gesture?

Liputan6.com, Jakarta – Tombol Back di Android merupakan salah satu tombol navigasi yang vital. Ya, tombol ini digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Kabarnya, Android Q akan mengganti tombol Back dengan navigasi swipe gesture atau dengan cara menggeser untuk kembali ke halaman sebelumnya. 

Dilansir 9to5Google pada Sabtu (27/4/2019), bersamaan dengan rilisnya beta terbaru dari Android Q, mereka mengungkap cara untuk kembali ke halaman sebelumnya dengan swipe gesture.

Kabar ini pertama kali diumbar oleh XDA Developers, yang membenarkan kalau swipe gesture menggantikan tombol back pada Android Q.

Belum pasti apakah fitur tersebut akan benar-benar diterapkan Google dalam rilis final Android Q tahun ini.

Gestur baru ini sebetulnya mirip dengan fitur swipe gesture iOS untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Hanya dengan menggeser jari dari sisi paling kiri layar, otomatis layar iPhone akan kembali ke halaman sebelumnya, seperti halnya tombol Back. 

XDA mengungkap bahwa Android 9 Pie memperkenalkan gestur dalam bentuk ikon kapsul yang ada pada bawah layar, gestur ini hanya berfungsi untuk melihat ke recent apps yang telah pengguna pakai, tetapi pada versi ini tombol back masih tetap ada.

Selain itu, XDA juga mengaku kalau Google akan meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan Android Q, yang telah menghilangkan tombol recent apps dan tombol Back dan menggantinya dengan kapsul kecil yang berada pada bawah layar.

Dengan demikian, animasi proses menggeser ke kanan dan ke kiri akan terasa lebih halus.

Perlu diketahui, fitur ini masih dalam pengembangan, belum jelas apakah navigasi ini akan dirilis pada Android Q versi final.