Tips Hasilkan Duit dari YouTube

Liputan6.com, Jakarta – Maraknya Youtuber dan vlogger ngehits yang meraih popularitas di Indonesia membuat profesi content creator digandrungi anak muda.

Memang, untuk generasi muda, profesi ini bisa dibilang cukup menjanjikan, karena kita bisa mendapatkan uang dari posting video di YouTube.

Jika kamu ingin mencoba menggeluti profesi ini, cobalah beberapa langkah dan tips berikut, seperti yang dilansir dari Hackernoon, Rabu (15/5/2019).

1. Buat Akun Google Mail dan Dapatkan Google Adsense di YouTube

Buat akun Gmail terlebih dahulu dan jika sudah, masuk ke akun YouTube. Isi data diri lengkap di akun YouTube Anda, termasuk deskripsi dan lainnya. Jangan lupa tambahkan foto profil dan banner. Akun siap diisi dengan konten yang sesuai diinginkan.

Tapi tunggu dulu, kamu tidak bisa langsung mendapatkan uang hanya dengan posting video saja. Ada skema monetisasi yang harus dipahami.

Monetisasi adalah istilah ‘menguangkan’ channel YouTube. Monetisasi YouTube sendiri lazimnya dilakukan lewat Google Adsense.

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, di mana channel memiliki 4.000 jam waktu nonton dan 1.000 subscribers dalam 12 bulan terakhir (syarat dari YouTube per 16 Januari 2018).

Jika sudah memenuhi syarat tersebut, maka akun YouTube bisa diikutkan program YouTube Partner Program (YPP).

2. Buat Video yang Disukai Penonton

Supaya bisa memenuhi syarat di atas, cobalah bekerja keras membuat konten yang disukai penonton. Bagaimana caranya?

Kamu bisa memanfaatkan tagar #PopularOnYouTube dan #PopularOnYouTubeIndonesia lalu lihat jenis video apa yang sedang populer kala itu.

Biasanya, video humor/lucu, video talent (menyanyi, bermain musik, memasak), video review, video walktrough gim, video tutorial dan video tingkah laku hewan paling banyak menarik perhatian di YouTube.

Bahkan supaya lebih menarik, kamu bisa menggabungkan jenis video tersebut, seperti video review yang lucu atau video talent yang diselipi humor.

Jangan lupa, posisikan diri kamu sebagai penonton YouTube. Tanyakan pada diri sendiri, video seperti apa bisa menarik kamu, berapa durasinya dan lainnya.