Telkomsel Minat Pakai Palapa Ring Paket Tengah dan Timur

Sebelumnya, operator seluler lainnya yakni XL Axiata berencana menghubungkan Indonesia Timur, salah satu caranya adalah menggunakan infrastruktur back bone Palapa Ring Timur yang diperkirakan rampung dibangun pertengahan 2019.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, tahun ini XL memang fokus membangun jaringan di luar Pulau Jawa, salah satunya adalah wilayah Indonesia Timur.

Diapun mengungkapkan salah satu fokus XL Axiata adalah memperluas jaringan datanya. Selain membangun fiber optik milik sendiri, XL Axiata juga berencana melakukan kerja sama dengan Palapa Ring.

“Kami ingin menghubungkan nusantara dengan akses yang terjangkau. Sebelum 2019 perluasan data di Indonesia Timur itu hampir tidak ada, tetapi sekarang di Nusa Tenggara, ada 31 kabupaten dan kota yang diselimuti jaringan 4G XL. Kami mencoba menjangkau jaringan terluar dengan fiber optik,” tutur Yessie.

Sebelumnya, XL Axiata telah menggunakan infrastruktur Palapa Ring Barat untuk menghubungkan Kepulauan Anambas dengan jaringan internet.

“(Palapa Ring) Barat sudah digunakan untuk menghubungkan Anambas, sudah ada jaringan data kami di sana dan itu fiber optik Palapa Ring Barat. Pada 2019 ini kami juga ada rencana untuk menghubungkan Waingapu ke Kupang dengan Palapa Ring Timur,” ucap Yessie.

Bicara persiapan, XL sendiri berencana untuk memetakan daerah-daerah mana yang memerlukan layanan data dari infrastruktur Palapa Ring.

“Palapa Ring memang dibiayai pemeritah, tetapi akses kami yang terus membangun, makanya strategi XL adalah kami all out memetakan daerah-daerah mana yang perlu untuk menggunakan. Dengan demikian, investasi (mahal) terkait radio dan akses kami pertimbangkan (berdasarkan kebutuhan),” tutur dia.

(Tin/Jek)