Tak Hanya Navigasi Arah, Google Maps Bakal Tampilkan Kecepatan Kendaraan

Sebelumnya, Google merilis teknologi Augmented Reality (AR) pada layanan Maps untuk perangkat Pixel. Hal ini diumumkan secara langsung oleh akun Google Maps di Twitter.

Dilansir GSM Arena, Jumat (10/5/2019), Google telah mengumumkan Maps dengan teknologi AR ini setahun yang lalu, tapi saat itu perusahaan belum puas dengan performanya.

Peluncuran fitur Maps AR untuk Pixel ini digelar setelah sebelumnya dilakukan pengujian untuk Google Maps Local Guides pada awal Februari 2019.

Sejauh ini belum ada informasi mengenai kehadiran fitur AR ini untuk perangkat non-Pixel.

Adapun tentang teknologi AR, ketika fitur tersebut diaktifkan maka ponsel akan secara otomatis mengakses kamera. Kemudian, akan muncul tampilan lingkungan di sekitar pengguna seperti gedung dan orang-orang yang ada di depan ponselnya. Selain itu, pada bagian bawah layar terdapat tampilan peta Google seperti biasa.

Fitur AR ini akan memberikan berbagai informasi, seperti keterangan nama jalan dan panah penunjuk arah.

Sebelum fitur AR ini digunakan, Google memberikan peringatan bahwa berjalan dan menatap layar secara bersamaan bukan tindakan yang aman. Hal ini mengingat bahaya penggunaan smartphone ketika sedang berjalan.

Selain itu, Google jug menekankan penggunaan fitur AR akan memakan konsumsi data mobile lebih tinggi ketimbang menggunakan Maps seperti biasa. Begitu pula dengan daya tahan baterai.

(Tin/Isk)