Spotify Pakai Algoritma untuk Playlist Lebih Terpersonalisasi

Liputan6.com, Jakarta – Bukan rahasia lagi kalau Spotify memanfaatkan kecerdasan buatan untuk membuat fitur Discover Weekly miliknya menjadi lebih intuitif.

Ya, fitur ini adalah fitur yang menghadirkan musik-musik baru yang mungkin belum pernah didengarkan pengguna, tetapi taste dan genre musik tersebut dijamin bakal sama dengan selera penggunanya.

Ke depannya, tak cuma Discover Weekly saja yang akan disokong keccerdasan buatan.

Nanti, Spotify juga akan memanfaatkan algoritma dari kecerdasan buatan untuk menciptakan playlist yang lebih terpersonalisasi untuk selera musik penggunanya.

“Kami paham betul selera musik orang-orang itu berbeda dan lagu-lagu yang ingin dinyanyikan mungkin berbeda-beda. Ini kenapa kami ingin menciptakan playlist di mana sesuai dengan selera pendengarnya dan lebih masuk ke telinga mereka,” kata Spotify seperti dilansir Ubergizmo pada Jumat (29/3/2019).

Sebelumnya, layanan streaming musik asal Swedia ini juga berencana untuk menggarap playlist berdasarkan DNA pengguna. Bahkan, Spotify sudah bekerja sama dengan perusahaan genealogi Ancestry.com.

Lewat kerja sama dengan perusahaan genealogi ini, pengguna dapat melacak sejarah keluarganya dan hasilnya dikirimkan ke Spotify.

Lalu, layanan tersebut akan membuat daftar putar berdasarkan informasi keluarga pengguna dan lagu yang didengarnya.

“Program ini mendorong pengguna mengetahui lagu berdasarkan riwayat leluhurnya,” tutur Global Head of Partner Solutions Spotify Danielle Lee.

Karenanya, pengguna yang tertarik dapat mendaftar dengan biaya US$ 99 melalui program AncestryDNA.

Ancestry selaku perusahan rekanan juga memastikan akan melindungi data pengguna yang terlibat program ini. Karenanya, Spotify tidak akan memiliki akses ke data DNA tiap pelanggan Ancestry.

Jika tidak ingin menyerahkan DNA tapi tetap ingin merasakan pengalaman mendengar musik dari para leluhurnya, AncestryDNA menawarkan opsi lain. Jadi, pengguna yang sudah mengetahui daerah leluhurnya tinggal memasukkan informasi tersebut laman khusus.

Setelah itu, Spotify akan membuatkan daftar putar yang dibuat berdasarkan wilayah dari beragam genre musik.

Seluruh informasi yang diberikan sepenuhnya dimasukkan sendiri oleh pengguna sehingga dapat disesuaikan dengan keinginannya.