Sony Rilis AC Portabel, Bisa Digunakan Langsung di Pakaian

Liputan6.com, Jakarta – Sony baru saja mengumumkan bakal menghadirkan sebuah mesin pendingin portabel alias AC portabel. Produk anyar ini akan diberi nama Reon Pocket.

Sebagai bagian dari pengembangan produk ini, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (30/7/2019), Sony saat ini sedang melakukan program urun dana di situs miliknya.

Reon Pocket sendiri bekerja menggunakan ‘Peltier Effect’. Jadi, perangkat ini menggunakan arus listrik rendah untuk memungkinkannya menyerap atau mengeluarkan panas.

Nantinya, Reon Pocket tidak hanya dapat digunakan untuk mendinginkan badan pengguna, tapi juga menghangatkannya. Saat akan digunakan, pengguna tinggal menyematkan perangkat ini kantong belakang kaos yang memang sudah didesain khusus.

Pengguna dapat mengontrol suhu yang dikeluarkan perangkat ini melalui aplikasi di smartphone. Sony menyebut perangkat ini dapat memberikan suhu dingin hingga 13 derajat celcius dan menghangatkan suhu hingga 8 derajat celcius.

Perangkat ini dapat diisi ulang dengan port USB Type C. Rencananya, Sony akan menjual Reon Pocket dengan harga mulai 12.760 yen (Rp 1,6 juta) dan mulai dikapalkan pada Maret 2020.

2 dari 3 halaman

Sony Pilih Garap Smartphone Layar Gulung

Penunjung menonton film di smartphone Sony Xperia 1 dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol, Kamis (28/2). (Pau Barrena/AFP)

Di saat banyak dari vendor smartphone dilaporkan tengah menggarap perangkat layar lipat. Beberapa di antaranya sudah mengungkap tampilan produk layar lipat tersebut, seperti yang dilakukan Samsung dan Huawei.

Terbaru, giliran Sony yang dikabarkan akan ikut ke dalam pengembangan teknologi layar serupa, tapi dengan pendekatan berbeda. Informasi ini diketahui dari akun pembocor informasi bernama Max J.

Dikutip dari Tech Radar, Jumat (11/7/2019), Sony dilaporkan sedang mengembangkan smartphone layar gulung, alih-alih layar lipat. Sumber anonim menyebut perusahaan asal Jepang itu kini sedang menyiapkan purwarupanya.

Sejumlah spekulasi menyebut ada kemungkinan perangkat ini akan diungkap menjelang akhir 2019. Sementara laporan lain menyebut perangkat ini akan didukung chipset Snapdragon 855 dan jaringan 5G.

Kendati demikian, Sony sendiri belum memberi pernyataan resmi terkait laporan ini. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman dari perusahaan tersebut.

Selain Sony, perusahaan lain yang juga diketahui tengah mengembangkan layar gulung adalah Samsung. Informasi tersebut diketahui dari paten yang didaftarkan perusahaan beberapa waktu lalu.

3 dari 3 halaman

Jadwal Peluncuran Konsol PlayStation 5

Harga PS4 Pro? (Doc: Engadget)

Lebih lanjut, Sony hingga saat ini masih belum mengungkap informasi kapan konsol gim terbarunya, PlayStation 5, akan dirilis.

Terlepas dari informasi PlayStation 5 yang masih tertutup tabir misteri, konsol teranyar milik Micorosft, Xbox Scarlett, bakal meluncur pada November 2020.

Melihat hal tersebut, beberapa analis memprediksi konsol PS5 bakal meluncur bersamaan atau berdekatan dengan hari peluncuran Xbox Scarlett, sebagaimana dilansir Wall Street Journal, Senin (1/7/2019).

Walau, ada beberapa yang mengungkap laporan yang menyebutkan konsol penurus PS4 ini baru akan meluncur di pasaran dua tahun lagi atau 2021.

Informasi, PS4 dan Xbox One meluncur di pasaran saling berdeketan tanggalnya. Dimana, Xbox One tersedia pada 15 November 2013, sedangkan PS4 pada 22 November 2013.

(Dam/Ysl)