Sony Masih Kembangkan Kemampuan Main Gim PS4 di Konsol PS5

Liputan6.com, Jakarta – Tabir misteri tentang konsol gim baru milik Sony, PlayStation 5 (PS5), akhirnya terungkap.

Sony secara resmi mengumumkan dan mengonfirmasi tanggal peluncuran konsol penerus PS4 itu, yakni pada musim libur 2020.

Meski disambut dengan gembira oleh banyak gamer di berbagai dunia, ada beberapa yang masih penasaran tentang kemampuan PS5 untuk memainkan gim PS4.

Berkaca dari kemampuan konsol Xbox One yang dapat memainkan gim dari konsol sebelumnya, Sony tampaknya akan melakukan hal yang serupa di PS5.

“Tim kami (Sony) saat ini sedang bekerja keras untuk memastikan konsol PS5 dapat memainkan gim PS4 secara 100 persen,” tulis Sony yang dikutip dari Famitsu via DualShockers, Rabu (9/10/2019).

2 dari 3 halaman

Wacana Lama untuk PS5

Sony daftarkan paten konsol PS5. (Doc: LetsGoDigital)

Lebih lanjut, ide kompatibilitas konsol baru untuk memainkan gim-gim yang meluncur di konsol sebelumnya itu sempat diungkap awal tahun ini.

Dalam sebuah artikel di Wired, pihak Sony, Mark Cerny, mengkonfirmasi PS5 akan kompatibel dengan PS4.

Sayangnya, fitur ini tidak disebutkan dalam pengumuman terbaru Sony.

Karena hal itu, beberapa orang bertanya-tanya apakah fitur tersebut bisa diluncurkan pada tepat waktu atau akan hadir di kemudian hari melalui pembaruan software.

3 dari 3 halaman

Sony Konfirmasi Kehadiran PS5

Foto render konsol PS5 yang muncul di internet. (Doc: LetsGoDigital)

Dikutip dari Engadget, Rabu (9/10/2019), perusahaan asal Jepang itu juga sudah mengungkap jadwal rilis konsol ini. Meski tidak detail, PS5 dijadwalkan akan rilis pada musim libur 2020.

Selain mengumumkan jadwal rilis PS5, Sony juga sedikit mengungkap kemampuan yang akan dimiliki konsol ini. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kehadiran kontroler baru.

Menurut perusahaan asal Jepang tersebut, pihaknya akan menggunakan sistem haptic feedback baru menggantikan efek yang ada di kontroler PS saat ini.

Sony mengatakan, sistem baru ini memiliki efek getar yang lebih luas dan berbeda-beda. Jadi, kontroler dapat memberikan efek getar yang berbeda saat misalnya, pemain berjalan di rumput atau di genangan lumpur.

Selain itu, perubahan juga dilakukan pada kemampuan tombol seperti L2 dan R2 di kontroler PS5 ini. Pengembang gim dapat memprogram dua tombol itu meningkatkan tensi bermain. 

(Ysl/Why)