Sobat Kerja dan Ambisinya di Bidang Konsultasi Karier

Liputan6.com, Jakarta – Tenaga profesional sudah pasti menjadi kebutuhan setiap perusahaan, tetapi tidak jarang perusahaan kesulitan mendapatkan orang yang cocok untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.

Hal ini, menurut Mirza Idham Saifuddin yang merupakan CEO Sobat Kerja, sebuah startup lokal di bidang konsultasi karier, antara lain disebabkan oleh kompetensi (calon) karyawan.

Mirza menilai kendala ini dapat diatasi, atau setidaknya diminimalisasi, dengan kehadiran konsultan karier yang dapat memberikan saran yang tepat kepada (calon) karyawan untuk meraih posisi tertentu.

Sebaliknya, konsultan karier ini memungkinkan perusahaan untuk mempekerjakan karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ini menjadi salah satu alasan di balik pendirian Sobat Kerja sebagai tech startup di bidang konsultasi karier.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Sobat Kerja dan layanan apa saja yang ditawarkan kepada pengguna, simak petikan wawancara Tekno Liputan6.com dengan Mirza berikut ini.

Apa latar belakang pendirian Sobat Kerja?

Selain untuk meminimalisasi kendala di sisi karyawan, kami juga melihat bahwa perusahaan belum terbuka tentang jenjang karier. Banyak karyawan yang ingin naik jabatan, tetapi tidak tahu bagaimana caranya untuk dapat mencapainya. HRD juga kadang-kadang tidak mempunyai parameter yang jelas mengenai hal ini. Hal inilah yang melatarbelakangi pendirian Sobat Kerja.

Fitur apa yang Sobat Kerja tawarkan bagi karyawan dan perusahaan?

Untuk saat ini, bagi karyawan kami menawarkan CV generator. Untuk perusahaan, kami menyediakan Apps yang dapat membantu HRD memberikan parameter yang jelas untuk jabatan tertentu, sehingga karyawan di perusahaannya bisa berlomba-lomba secara fair. Ini juga merupakan salah satu hal yang mendorong Sobat Kerja untuk terus berinovasi.

Apa yang spesial dari CV yang Sobat Kerja tawarkan? Apakah desain CV itu, misalnya, efektif untuk menarik perhatian HRD?

CV generator Sobat Kerja menawarkan lima belas desain CV, yang terdiri dari desain simpel, kreatif dan modern. Semua desain itu sudah direkomendasikan beberapa orang yang bekerja di HRD. Jika diteliti, memang kebutuhan HRD berbeda-beda, sehingga desain yang Sobat Kerja sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Ada perusahaan yang tidak butuh CV yang fancy, melainkan hanya menitikberatkan informasi calon pelamar, sehingga kami menyediakan desain CV simpel.

Ada pula HR yang membutuhkan CV menarik, sehingga kami menawarkan desain yang oke. Oleh sebab itu, keputusan pemilihan desain CV diserahkan kepada calon pelamar dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

2 dari 3 halaman

Berapa orang pengguna yang telah menggunakan Sobat Kerja sejauh ini?

Tampilan laman Sobat Kerja. (Doc: Sobat Kerja)

Usia Sobat Kerja masih terbilang dini, tetapi saat ini kami sudah mencapai 1.200 orang pengguna dan angka ini terus bertambah setiap harinya.

Apa upaya Sobat Kerja melindungi data pengguna dari pihak tidak bertanggung jawab, mengingat data yang tercantum di CV merupakan data pribadi?

Kami sudah menggunakan teknologi SSL untuk mengamankan komunikasi dengan peladen (server) Sobat Kerja. Kami juga telah mengenkripsi informasi login pengguna untuk menambah keamanan data pengguna kami. Selain itu, kami juga memperbolehkan pengguna untuk menghapus data yang sudah tidak terpakai.

Selain CV generator, ke depannya layanan apa lagi yang akan disediakan?Pertanyaan yang menarik. Tujuan utama Sobat Kerja bukan menyediakan template CV.

Kami akan bergerak sebagai konsultan karier, yang layanan utamanya berupa engine dengan kemampuan analisis berbagai kebutuhan perusahaan, seperti merekrut tenaga profesional untuk posisi manajer, supervisor, dll. Engine ini juga akan dibekali kemampuan untuk menganalisis suatu posisi dan memberikan saran untuk mencapai posisi itu.

Paramater yang disampaikan HR akan bisa diakses oleh semua karyawan di perusahaan. Maka dari itu, tenaga kerja punya gambaran yang jelas untuk meningkatkan keterampilan yang direkomendasikan oleh engine. HRD juga bisa melacak perkembangan masing-masing karyawan. Namun sebagai catatan, untuk saat ini fitur ini masih dalam fase pengembangan.

3 dari 3 halaman

Ada rencana untuk merilis versi aplikasi?

Tampilan laman Sobat Kerja. (Doc: Sobat Kerja)

Tiga bulan lagi aplikasi CV generator Sobat Kerja akan tersedia bagi pengguna perangkat berbasis Android. Sekitar bulan oktober. Sejumlah fitur juga akan dihadirkan secara bertahap.

Ada rencana untuk menjalin kemitraan dengan instansi tertentu?

Iya, seperti yang kami sampaikan bahwa Sobat Kerja akan mempunyai engine untuk menganalisis kebutuhan akan posisi tertentu. Melalui kerja sama dengan instansi, Sobat Kerja bisa memberikan peluang pada perusahaan untuk melacak sejauh mana karyawan mereka mampu mendapatkan posisi itu.

Dengan Apps milik Sobat Kerja, perusahaan akan dapat melihat langsung kandidat terkuat untuk mengisi posisi itu. Maka dari itu, perusahaan akan memiliki parameter yang jelas untuk jenjang karier yang dapat dicapai oleh karyawan.

Kami akan juga bekerja sama dengan perguruan tinggi dan sekarang masih dalam fase penggunaan CV generator. Para mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan fitur CV generator ini untuk membuat CV untuk berbagai kepentingan mulai dari mendaftarkan diri ke suatu organisasi hingga mendaftar kerja.

(Why/Ysl)