Seratus Ribu Gamer Berpotensi Terinfeksi Malware ShadowHammer

Malware. Foto: codepolitan

Setelah didera isu malware ShadowHammer pada update software yang menjangkiti ratusan ribu laptop dan PC Asus.

Asus kemudian menghadirkan perbaikan terhadap malware tersebut dalam bentuk patch keamanan yang bisa diunduh lewat software Live Update-nya. Demikian dikutip dari The Verge, Rabu (27/3/2019).

Sebagai tambahan, perusahaan mengatakan, mereka punya tool diagnostik keamanan kedua yang bisa dipakai untuk memindai apakah komputer atau laptop Asus pengguna terdampak malware ini.

“Kami mengajak para pengguna yang peduli terhadap masalah ini untuk menjalankan (diagnostik keamanan) ini sebagai bagian dari tindakan pencegahan,” kata Asus dalam pernyataan tertulisnya, disertai dengan tautan ke software.

Meskipun menyediakan update patch keamanan terbaru, Asus tidak menuliskan permohonan maaf. Alih-alih begitu, Asus malah menyatakan, “hanya segelintir pengguna yang ditarget oleh serangan ini.”

Padahal sebelumnya, perusahaan keamanan siber Kaspersky Lab memperkirakan, malware ShadowHammer ini telah didistribusikan ke setidaknya 1 juta komputer, melalui update patch Asus.

Bukan hanya didistribusikan, patch keamanan ini juga telah diinstal di ratusan dari ribuan unit perangkat Asus. Tentunya jumlah tersebut bukanlah angka yang kecil.

(Ysl/Isk)