Separuh Pengguna Internet di Indonesia Belum Pernah Belanja Online

Liputan6.com, Jakarta – Dalam survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan separuh atau 53,4 persen pengguna internet di Indonesia belum pernah melakukan belanja online di platform e-commerce.

Sementara, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018 telah mencapai 171,17 juta dari 264,16 juta penduduk.

“Jadi bayangkan dari 171,17 juta pengguna internet Indonesia, 53,4 persen belum pernah belanja daring. Potensi ini, tentu bisa diconvert jadi e-commerce shoppers ya,” ujar Sekjen APJII, Henri Kasyfi Soemartono kepada awak media usai memaparkan hasil survei tersebut di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Rabu (15/5).

Sementara itu, masih dari hasil survei APJII, menyebutkan bahwa platform e-commerce yang paling digandrungi pengguna internet untuk melakukan belanja online adalah Shopee. 11,2 persen pengguna internet menjawab Shopee sebagai tempat belanja online yang sering dikunjungi.

Lalu, disusul Bukalapak dengan 8,4 persen pengguna internet menjawab. Kemudian, Lazada dan Tokopedia. Masing-masing pengguna internet yang disurvei APJII menjawab 6,7 dan 4,3 persen belanja di kedua toko online tersebut.