Samsung Siap Rilis Sensor Kamera 108MP

Liputan6.com, Jakarta – Tren sensor kamera smartphone beresolusi besar tak dimungkiri sedang diadopsi banyak vendor. Saat ini, sensor kamera 48MP perlahan sudah hadir di sejumlah produk, menyusul belakangan digadang-gadang akan ada sensor beresolusi 64MP.

Namun dari laporan terbaru, ternyata bakal ada sensor kamera yang berukuran lebih besar. Adalah Samsung yang disebut-sebut akan meluncurkan sensor super besar dalam waktu dekat.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (12/8/2019), divis kamera Samsung dilaporkan akan meluncurkan sensor kamera beresolusi 108MP. Menurut akun resmi Samsung ISOCELL, pengumuman akan dilakukan pada 12 Agustus 2019 waktu setemapat.

Sama seperti sensor kamera resolusi besar lain, Samsung masih menggunakan teknologi Quad Bayer dalam sensor kali ini. Dengan teknologi ini, ukuran resolusi sebenanya akan lebih kecil, tapi ukuran pikselnya setara dua kali lipat.

Meski belum diumumkan resmi, kabarnya sudah ada smartphone yang siap menggunakan sensor anyar. Vendor yang dikabarkan bakal memakai sensor ini adalah Xiaomi untuk Mi Mix 4.

Jika menilik jadwal Xiaomi merilis seri Mi Mix, ada kemungkinan smartphone pertama dengan kamera beresolusi 108MP akan diperkenalkan akhir tahun ini. Kendati demikian, masih perlu menunggu pengumuman resmi Samsung mengenai kehadiran sensor anyar ini.

2 dari 3 halaman

Sensor 64MP Milik Samsung

Ilustrasi sensor Samsung

Perlu diketahui, Samsung sebelumnya juga sudah memperkenalkan sensor kamera ISOCELL Bright GW1 64MP yang menawarkan resolusi paling tinggi di smartphone.

Sensor ini hadir dengan teknologi penggabungan piksel Tetracell dan algoritma remosaic yang menawarkan gambar 16MP dalam lingkungan cahaya rendah, di mana empat piksel digabungkan menjadi satu untuk meningkatkan sensitivitas cahaya.

Teknologi ini juga mendukung HDR real-time hingga 100 desibel (dB) yang memberikan rona lebih kaya.

Sensor ini dilengkapi dengan Dual Conversion Gain yang mengubah cahaya diterima menjadi sinyal listrik.

3 dari 3 halaman

Redmi Bakal Rilis Smartphone dengan Kamera 64MP

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Sebelumnya, Xiaomi mengklaim Redmi akan menjadi merek smartphone pertama yang menghadirkan kamera 64GB. Hal ini diumumkan oleh submerek Xiaomi itu melalui akun @RedmiIndia di Twitter.

“Redmi akan menjadi merek pertama di dunia yang merilis kamera 64MP yang menakjubkan, kuat, dan terdepan di kelasnya,” kicau @RedmiIndia, seperti dikutip dari GSM Arena, Jumat (9/8/2019).

Kamera tersebut memiliki sensor 1/1.7 inci, ISOCELL Plus, smart ISO, dan Hybrid 3D HDR. Smartphone ini diperkirakan hadir pada kuartal IV 2019. “Ini adalah #FutureOfCamera,” tulis Redmi.

Selain Redmi, smartphone Xiaomi lain dilaporkan akan memiliki resolusi kamera lebih tinggi dari 64MP. Akun @Iceuniverse mengungkapkan, Mi Mix 4 akan mengadopsi CMOS ISOCELL 108MP milik Samsung.

Kendati demikian, sejauh ini belum ada konfirmasi tentang waktu peluncuran kedua smartphone dengan kamera super tersebut.

(Dam/Ysl)