Sambut Tahun Ajaran Baru, Ruangguru Hadirkan 4 Fitur yang Bikin Belajar Makin Asyik

Liputan6.com, Jakarta Lima tahun sudah bimbingan belajar online, Ruangguru hadir di Tanah Air untuk memberikan kesempatan anak-anak Indonesia mengakses pendidikan dimanapun dan kapanpun serta mengajak para pelajar bersemangat untuk belajar dan mengejar mimpi-mimpinya.

Sejak didirikan tahun 2014 lalu sampai saat ini, sudah lebih dari 15 juta pelajar dan 300 guru di seluruh Indonesia telah menggunakan bimbingan belajar online, Ruangguru. Beberapa pencapaian menarik pun berhasil di Ruangguru selama 5 tahun ini. Di playstore aplikasi Ruangguru mendapatkan 4,7 dari 5. Tingkat kepuasan 9,3 dari 10. Puncaknya, pada Google User Choice Awards, Ruangguru menjadi aplikasi belajar terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2018.

Menyambut tahun ajaran 2019/2020 yang baru berjalan, Ruangguru menghadirkan fitur-fitur baru untuk membuat kegiatan belajar makin asyik dan para pelajar semangat mengejar prestasi.

1. Smart Recommendation

Fitur baru dalam aplikasi ruang guru yang dapat dengan otomatis mendeteksi kelebihan pelajar dan pengguna aplikasi Ruangguru. Dengan menggunakan fitur ini, pelajar akan mendapatkan rekomendasi konten yang sesuai dengan kemampuan sehingga belajar menjadi jauh lebih efektif.

2. Ruangguru Adventure

Melalui fitur ini, para pengguna Ruangguru akan memiliki avatar dan dapat mengumpulkan poin dari beragam aktivitas yang ada di Ruangguru. Mulai dari menonton video, mengerjakan soal-soal, mengikuti try out yang mana semuanya memiliki poin yang dapat bertambah. Poin-poin tersebut dapat ditukarkan dengan digital item.

3. Social Learning

Melalui fitur ini, para pengguna ruangguru dapat saling berinteraksi dan berdiskusi mengenai pelajaran sekolah di dalam aplikasi Ruangguru..

“Kami percaya belajar akan jauh lebih menyenangkan jika dilakukan secara kolaboratif. Sekarang para pelajar bisa saling berinteraksi dan berdiskusi mengenai pelajaran sekolah di dalam aplikasi,” kata Belva Devara, Pendiri dan CEO Ruangguru, Lulusan Harvard dan Stanford University.

4. Live Teaching

Sesuai namanya, melalui fitur ini para murid dapat berinteraksi dengan guru atau pengajaran langsung di aplikasi Ruangguru.

Iman Usman, Pendiri dan CPO Ruangguru, lulusan UI dan Columbia University percaya bahwa beragam inovasi yang dilakukan di ruang guru akan dapat berhasil meningkatkan prestasi belajar para pelajar Indonesia.

“Namun lebih penting lagi membuat anak-anak Indonesia semakin dekat dengan mimpi-mimpi mereka,” ujar Iman Usman.

Belva Devara pun menegaskan bahwa melalui Ruangguru, pihaknya terus memperjuangan pendidikan berkualitas melalui teknologi.

“Setiap harinya lebih dari 2000 pegawai Ruangguru, anak-anak muda bekerja dengan semangat tinggi berjuang untuk pelajar Indonesia. Dimanapun dan apapun latar belakangnya tetap bisa mengakses pendidikan dengan terjangkau,” tegas Belva.

“Kita tidak butuh ratusan tahun lagi untuk bisa setara dengan bangsa lain,” tambahnya.

Raih apresiasi dari Presiden Jokowi

Atas segala komitmen dan inovasinya menghadirkan bimbingan belajar online yang terjangkau dan dapat diakses anak-anak Indonesia, Ruangguru mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

“5 Tahun berkarya aplikasi Ruangguru telah berkembang menjadi aplikasi belajar terbesar di Indoensia. Melalui teknologi dan materi belajar berkualitas, lebih dari 10 juta pelajar di Indonesia kini memiliki alternatif belajar yang mudah diakses dan terjangkau. Perjalanan Ruangguru menjadi inspirasi sebagai aplikasi karya anak bangsa,” tutur Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan bahwa Ruangguru berhasil menawarkan solusi kreatif dan inovatif dalam menangani persoalan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia. 

“Selamat ulang tahun kelima bagi seluruh manajemen Ruangguru dan untuk pelajar di seluruh Indonesia. Semangat belajar dan kejar terus cita-citamu. Tetaplah menjadi kebanggaan Indonesia. Dengan Ruangguru Indonesia Pasti Bisa,” ucap Jokowi.

Selain fitur-fitur baru di atas, Ruangguru menghadirkan berbagai video belajar beranimasi, latihan soal dan pembahasan yang memudahkan pelajar memahami soal-soal. Untuk informasi lengkapnya mengenai Ruangguru kunjungi https://bimbel.ruangguru.com

(Adv)