Saat Internetan, Warga Indonesia Akses Apa Saja?

Diungkapkan oleh Henri, ketika mengakses internet untuk tujuan komersil seperti belanja online, orang Indonesia membuka laman online shop.

Adapun laman online shop yang kerap dikunjungi oleh pengguna internet Indonesia antara lain adalah Shoppe dengan persentase 11,2 persen, Bukalapak sebesar 8,4 persen, Lazada sebesar 6,7 persen, hingga Tokopedia 4,3 persen.

Laman komersil lain yang juga dibuka oleh pengguna Indonesia antara lain adalah Traveloka, OLX, Gojek, Gramedia, Amazon, Blibli, dan lain-lain.

Namun demikian, mayoritas responden (53,4 persen) mengaku tidak pernah berkunjung ke laman-laman komersil di atas.

Orang Indonesia, menurut hasil survei APJII, paling banyak berbelanja baju lewat internet. Persentasenya sebesar 14,6 persen.

Selain itu, orang Indonesia juga sering berbelanja buku (4 persen), aksesoris (3 persen), tas (2,9 persen), barang elektronik (3 persen), alat make up (1,5 persen), dan lain-lain.

Bicara transaksi secara online, 56 persen dari pengguna internet di Indonesia ternyata tidak pernah bertransaksi secara online. Bahkan, 24 persen dari pengguna internet mengaku belum pasti ada transaksi dalam satu bulannya.

Hanya 7,6 persen pengguna internet Indonesia yang melakukan transaksi online sebulan sekali. Ada juga pengguna internet di Indonesia yang melakukan lebih dari dua kali transaksi namun jumlahnya lebih sedikit, yakni 3,4 persen. Demikian juga mereka yang bertransaksi lebih dari dua kali.