Realme Siapkan UI Anyar, Bakal Gantikan ColorOS

Liputan6.com, Jakarta – Realme dilaporkan tengah menyiapkan user interface (UI, tampilan antarmuka) anyar untuk smartphone besutannya. Rencana itu diungkap oleh CEO Realme India, Madhav Sheth, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (14/8/2019), kehadiran UI anyar disebut dapat menggantikan ColorOS yang saat ini digunakan smartphone Realme. Untuk diketahui, ColorOS sendiri merupakan UI besutan Oppo.

Keputusan untuk menggarap UI sendiri disebut merupakan upaya Realme menjawab kebutuhan pengguna. Sebab, tampilan antarmuka yang ada saat ini dianggap belum dapat menyediakan fitur yang diinginkan pengguna.

Sayang, Sheth tidak banyak memberikan informasi mengenai kehadiran UI anyar ini. Namun, sejumlah analis memprediksi Realme akan memperkenalkan UI tersebut pada akhir tahun atau awal tahun depan.

Meski belum dikonfirmasi, UI ini disebut-sebut akan berbasis Android Q. Mengingat belum ada informasi resmi, belum dapat dipastikan apakah UI ini akan tersedia pula untuk smartphone Realme yang sudah ada sekarang.

Sekadar informasi, spekulasi mengenai UI anyar Realme ini juga kian menguat setelah perusahaan mengumumkan adanya Project X.

Dalam program tersebut, Realme menunjuk sejumlah beta testers untuk menjajal versi UI terbaru yang masih misterius.

2 dari 3 halaman

Realme 5, Smartphone Empat Kamera dengan Sensor 64MP

Hasil jepretan lensa kamera 64MP milik Samsung (Foto: Phone Arena)

Di samping bakal menghadirkan UI anyar, Realme bakal mengumumkan smartphone terbarunya yang didukung dengan lensa kamera 64MP pada 15 Agustus mendatang.

Uniknya, smartphone tersebut bakal memiliki empat kamera. Meskipun belum rilis, sudah ada sejumlah spekulasi tentang penamaan smartphone berkamera 64MP ini.

Perangkat tersebut kemungkinan bakal memiliki nama Realme 5. Hal ini berdasarkan sejumlah bukti yang terkumpul melalui internet.

Salah satunya adalah CEO Realme Madhav Sheth yang mengubah nama Twitter-nya menjadi Madhav ‘5’ Quad.

Bukti ini bisa jadi cukup bisa dipercaya. Pasalnya, seperti dikutip dari Gizmochina, Kamis (8/8/2019), terakhir kalinya Realme hendak merilis smartphone Realme X, Madhav Sheth mengubah namanya menjadi Madhav X.

3 dari 3 halaman

Pilihan Terbaik di Rentang Harga Smartphone Sekelasnya

Realme X (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Sekadar informasi, Realme 5 (atau mungkin bernama Realme 5 Pro) bakal debut pada 15 Agustus di Tiongkok.

Selain memiliki empat kamera–yang salah satunya memiliki sensor 64MP–ada sejumlah hal yang telah diketahui dari perangkat ini.

Diungkapkan di Twitter oleh sang CEO Madhav Sheth, kamera Realme 5 akan lebih baik dari kualitas kamera milik Redmi K20 Pro, flagship smartphone terbaru milik Redmi.

Tak hanya itu, dalam cuitannya di Twitter, Madhav juga mengatakan, smartphone yang akan dirilis ini akan menjadi “pilihan paling praktis di rentang harga smartphone sekelasnya.”

(Dam/Ysl)