PS4 Jadi Konsol Gim dengan Penjualan Tercepat

Liputan6.com, Jakarta – Sony baru saja mengumumkan pencapaian yang sudah diperoleh dari PlayStation 4 (PS4). Perusahaan mengatakan dalam penutupan kuartal ini, mereka sudah berhasil menjual 3,2 juta unit PS4.

Dengan kata lain, hingga akhir 2019, secara keseluruhan perusahaan sudah menjual 100 juta unit PS4. Dikutip dari GSM Arena, Rabu (31/7/2019), capaian ini membuat PS4 menjadi konsol gim tercepat yang berhasil mencapai predikat tersebut.

Perlu diketahui, PS4 membutuhkan waktu sekitar 5 tahun 7 bulan untuk menyentuh angka 100 juta unit. Menurut analis senior di Niko Partners, Daniel Ahmad, capaian tersebut mengungguli PS2 dan Nintendo Wii.

Secara rinci, PS4 terjual sebanyak 50 juta dalam tiga tahun pertama rilis. Lalu, jumlah itu terus menurun mencapai 19 juta unit pada 2017 dan 17,8 juta di 2018.

Penjualan PS4 sendiri diprediksi masih akan tumbuh meski sudah memasuki akhir masa siklusnya. Hal itu tidak lepas dari kehadiran PS generasi terbaru yang belum dapat dipastikan kedatangannya.

Sony sendiri sempat mengungkap bahwa PS generasi anyar baru akan rilis setidaknya pada tahun depan. Konsol yang diberi nama PS5 ini disebut akan dibekali kemampuan grafis 8K, 3D audio, dan kompatibel dengan judul gim PS4.

2 dari 3 halaman

Sony Pastikan Tidak Akan Rilis PS5 hingga 2020

PlayStation 4.5 akan tampil dengan prosesor lebih tinggi dan dukungan 4K (google.com)

Terlepas dari kabar itu, Sony memastikan sedang mengembangkan generasi PlayStation terbaru yang besar kemungkinan akan diberi nama PlayStation 5 (PS5).

Namun hingga saat ini, perusahaan belum mengumumkan kapan konsol tersebut akan dirilis ke publik.

Terbaru, indikasi mengenai jadwal rilis PS5 tersebut sedikit terungkap. Informasi ini diketahui dari laporan keuangan akhir tahun yang diumumkan beberapa hari lalu.

Dikutip dari Fortune, Senin (28/4/2019), dalam laporan itu Sony menyebut pihaknya tidak akan merilis konsol anyar selama tahun fiskal 2019.

Dengan kata lain, konsol anyar yang dirilis Sony paling cepat akan meluncur pada April 2020.

Namun, Sony sendiri tidak mengungkap lebih jelas rencana tersebut, sehingga tidak tertutup kemungkinan peluncuran konsol generasi selanjutnya dapat lebih lama dari yang diungkapkan saat ini.

Sebelumnya, Sony juga akhirnya menyibak tabir misteri yang menyelubungi konsol PS5. Hal itu diungkap oleh Mark Cerny, kepala arsitek konsol baru Sony tersebut.

Menurutnya, konsol PS5 akan memiliki peningkatan yang luar biasa dalam hal kecepatan prosesor, kualitas grafis, dan audio.

3 dari 3 halaman

Dikembangkan Sejak 5 Tahun Lalu

Penampakan konsol PS4 Pro edisi khusus. (Doc: PlayStation)

Sekadar informasi, ini merupakan kali pertama Sony angkat bicara di ranah publik tentang penerus konsol PS4.

Dikutip dari Wired via Gamesradar, PS5 akan kompatibel dengan judul gim PS4 dan masih mengusung disk drive–beda dengan Microsoft yang memutuskan tak pakai disk drive untuk konsol barunya.

Dari sesi wawancara tersebut, terungkap juga ternyata perusahaan asal Jepang ini sudah mengembangkan PS5 lebih dari empat tahun.

Cerny juga mengatakan, sejumlah studio gim kenamaan di dunia saat ini sudah mengerjakan judul gim yang bakal dirilis bersamaan atau usai konsol terbaru Sony itu meluncur di pasaran.

Ini berarti, pengembang bakal meluncurkan dua judul gim yang sama untuk konsol PS4 dan PS5.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: