Perang Tarif Jadi Alasan Operator Tak Mampu Investasi di MRT Jakarta

Enny mengakui, operator sebagai badan usaha selalu memikirkan soal benefit dan cost. Berbeda dengan Telkom dan Telkomsel yang diminta selalu hadir untuk mewakili negara.

Mereka memang harus terus berinvestasi meski dalam jangka pendek belum menguntungkan. Sementara, operator lain hanya investasi di daerah yang menguntungkan saja.

“Perbedaan ini membuat Telkom dan Telkomsel tidak bisa melakukan perang tarif. Namun operator lain tidak demikian. Dengan enggannya mereka investasi di tempat yang tidak menguntungkan, opportunity operator lain untuk menggunakan tools perang tarif akan semakin besar. Daripada mereka investasi, mending dipakai untuk akusisi pelanggan dengan perang tarif. Ini sangat tidak fair,” papar Enny.

Disampaikan Enny, sebenarnya kompetisi itu bagus. Karena akan menguntungkan konsumen dan mendorong efisiensi serta optimalisasi.

Namun, perang tarif yang saat ini terjadi di industri telekomunikasi nasional sudah kebablasan. Karena sudah menimbulkan ketidakadilan yang bisa berujung pada kerugian besar bagi masyarakat dan negara.

Saat ini, kerugiannya malah sudah tampak, yakni tidak adanya pemerataan layanan telekomunikasi. Saat ini operator yang mampu dan mau investasi serta mendukung program pemerintah hanya BUMN telekomunikasi saja.

Mereka mau investasi di daerah terpencil dan tidak menguntungkan, seperti halnya investasi yang tak menguntungkan di jalur MRT.

“Perang tarif yang saat ini terjadi sudah menimbulkan kerugian sosial. Karena operator tak mampu mendukung program pemerintah dalam pemerataan layanan dan jaringan telekomunikasi. Bahkan operator tak mampu lagi mendukung secara optimal program strategis nasional seperti menyediakan layanan telekomunikasi di jalur MRT,” tegas Enny.

Karenanya, Enny menyarankan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk segera ‘menjinakkan’ perang tarif di industri telekomunikasi. Dengan demikian, operator telekomunkasi memiliki kemampuan untuk mendukung program strategis nasional.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

MRT Jakarta mulai diujicoba oleh publik. Bagi kamu yang belum tahu, catat 8 larangan ini saat naik MRT Jakarta.