Oppo Akhirnya Pamer Teknologi Kamera Selfie dalam Layar

Liputan6.com, Jakarta – Oppo akhirnya secara resmi mengungkap teknologi kamera depan di dalam layar besutannya. Perusahaan asal Tiongkok itu memperkenalkan teknologi tersebut saat ajang MWC Shanghai tahun ini.

Dikutip dari The Verge, Kamis (27/6/2019), ini merupakan kali pertama Oppo menunjukkan teknologi kamera bawah layar ke publik. Sebelumnya, perusahaan itu sempat mengungkapnya melalui media sosial. 

Oppo menuturkan layar di teknologi ini menggunakan bahan transparan khusus. Bahan tersebut didukung dengan struktur piksel yang didesain ulang sehingga cahaya dapat menembus ke kamera. 

Dalam penjelasannya, Oppo menggunakan sensor yang lebih dari kamera selfie smartphone umumnya. Kamera depan di produk purwarupa ini juga memiliki aperture yang lebih lebar. 

Meski digunakan sebagai tempat meletakkan kamera, bagian layar yang menutupnya masih dapat dikendalikan. Jadi, pengoperasian layar melalui sentuan masih dapat dilakukan. 

Oppo juga menjamin hasil foto dengan kamera depan di dalam layar ini tidak akan mempengaruhi kualitas gambar.

Hal itu dimungkinkan sebab perusahaan mengembangkan algoritma yang disesuaikan dengan kemampuan hardware. Karenanya, Oppo mengklaim hasil kamera di dalam layar ini tidak berbeda dari perangkat lain.

Sayang, Oppo belum memastikan kapan teknologi ini akan diadopsi di perangkat komersial. Perusahaan hanya menyebut pihaknya berencana untuk menggunakan teknologi ini perangkat yang akan datang.

2 dari 3 halaman

Oppo Sudah Ungkap Teknologi Ini Beberapa Waktu Lalu

Oppo perlihatkan smartphone pertama mereka dengan teknologi kamera selfie di bawah layar. (Doc: Brian Shen /Weibo)

Oppo sendiri sudah sempat mengungkap kehadiran teknologi ini melalui media sosial. Lewat video pendek, Oppo memperlihatkan smartphone dengan kamera depan di layar.

Oleh karenanya, tidak ada notch, waterdrop notch, lubang di layar, teknologi pop up, atau mekanisme geser di smartphone tersebut.

Senior Product Manager Oppo Brian Shen sebelumnya mengatakan, teknologi kamera di bawah layar masih baru di dunia smartphone.

“Pada tahap ini, masih sulit untuk menghadirkan teknologi kamera di bawah layar pada smartphone dengan hasil yang sama seperti di kamera biasanya. (Jika mengadopsi teknologi kamera di layar), pasti ada beberapa kerugian dalam kualitas optiknya,” tutur Shen.

Untuk itulah, beberapa waktu lalu Shen mengatakan, belum akan ada teknologi kamera di layar dalam waktu dekat ini.

3 dari 3 halaman

Bukan Satu-Satunya

Peluncuran Oppo Reno. Dok: Athika Rahma

Sekadar informasi, kini Oppo bukan perusahaan smartphone satu-satunya yang mengembangkan teknologi ini.

Perusahaan smartphone lainnya seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Samsung juga tengah mengembangkan hal ini.

Faktanya, hanya beberapa jam setelah Oppo membagikan video teknologi ini, perusahaan asal Tiongkok Xiaomi pun mengumumkan teknologi serupa.

Sebuah video menunjukkan Mi 9 yang dimodifikasi dengan kamera di layar.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: