Nama Sistem Operasi Pengganti Android Besutan Huawei Terungkap

Lebih lanjut, dalam sebuah wawancara dengan The Information, Richard mengakui akan segera “terpaksa” merilis ekosistem dan OS sendiri jika perusahaan tetap berada di dalam daftar hitam AS.

Ia menilai keputusan AS pada pekan lalu itu sebagai “kejutan besar”, dan tidak menyangka bahwa negara tersebut membatasi penggunaan Android.

“Ini (Android) adalah produk konsumen, yang tidak memiliki hubungan dengan masalah keamanan jaringan,” tuturnya.

Bersamaan dengan laporan ini, The Information juga mempublikasikan beberapa temuannya terkait alternatif Android dari Huawei. OS tersebut dikenal secara internal sebagai “Project Z”, dan saat ini masih jauh dari kata siap. Temuan ini tidak sejalan dengan laporan sebelumnya.

Selain itu, menurut sejumlah sumber, tujuan dari OS tersebut hanya untuk memperkuat perangkat Tiongkok Huawei ketika peralihan ke 5G telah selesai. Perusahaan tidak pernah memperkirakan kehilangan akses ke Android secara internasional.

Alhasil untuk pasar global, perusahaan kini dilaporkan menghadapi tantangan untuk menciptakan keseluruhan ekosistem aplikasi yang akan menarik minat konsumen tanpa memiliki akses ke AS. Tiongkok sendiri saat ini memiliki banyak aplikasi. meski sebagian besar layanan Google diblokir di negara tersebut.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah resmi melarang perusahan di AS untuk bertransaksi dengan Huawei. Pelarangan ini tertuang lewat executive order (perintah eksekutif) agar ditaati perusahaan-perusahaan AS.