Mudik dan Libur Lebaran, Trafik Internet Tri Meningkat 40 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Selama musim liburan Idul Fitri dan pejalanan mudik, pelanggan operator seluler Tri Indonesia banyak menikmati layanan streaming dan live video di beragam aplikasi konten video.

Hal ini memicu terjadinya lonjakan trafik di layanan video streaming hingga 40 persen.

Tri juga menyebut, terjadi lonjakan trafik di jaringan Tri khususnya di layanan data meningkat lebih dari 40 persen dibanding hari biasa.

Adapun kenaikan trafik mulai terjadi sejak H-10 atau bersamaan dengan dimulainya libur panjang Hari Kenaikan Isa Almasih dan berlanjut ke Idul Fitri.

Meski begitu, Tri menyebut, adanya kepadatan dan lonjakan trafik tidak menimbulkan kendala berarti. Pasalnya Tri telah melakukan langkah antisipasi.

Chief Technology Officer 3 Indonesia Desmond Cheung mengatakan, Tri Indonesia telah memperluas kapasitas dan jangkauan 4G dan 4.5GPro untuk membantu dan memudahkan pelanggan selama Idul Fitri dan liburan.

“Aktivitas video streaming yang dilakukan oleh pelanggan Tri mayoritas menggunakan YouTube, Insta Story dan Live Report Instagram serta fitur Live Report Facebook,” kata Desmond Cheung dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (10/6/2019).

Aktivitas streaming ini menunjukkan sambutan positif pelanggan Tri atas produk kartu AMIPro (Anak Muda Indonesia) yang memberikan unlimited akses ke YouTube dan VIU.