Momen Interaksi Instagram Meningkat di Bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta – Momen interaksi pengguna Instagram meningkat di bulan Ramadan tiap tahunnya, baik dari penggunaan hashtag maupun fitur lain seperti Stories.

Data internal Instagram dari 20 Januari hingga 24 Juni 2018 menunjukkan, penggunaan Stories meningkat 28 persen di bulan Ramadan.

Sementara dari hari pertama puasa hingga kemarin, 6 Mei – 13 Mei, ada 5 hashtag yang paling banyak digunakan orang Indonesia, yakni #selamatberpuasa, #tokoparselmurah, #happyfasting, #sepatumuslimahsporty dan #semangatpuasa.

Aldo Rambie, Client Partner Facebook dan Instagram Indonesia menyatakan, sepanjang Ramadan, keluarga dan teman menjadi topik yang paling banyak diposting para pengguna Instagram di Indonesia.

“Menurut data Facebook kuartal-2 tahun lalu, keluarga dan teman jadi topik paling banyak diposting di Instagram. Kemudian, postingan di publish saat siang dan sore hari, biasanya menjelang buka puasa itu meningkat,” ujarnya di Kantor Komunal Facebook, Selasa (14/5/2019).

Melihat engangement yang tinggi tahun lalu, Aldo punya prediksi yang sama baiknya untuk tren Instagram tahun ini.

“Untuk data tahun ini memang belum ada, karena masih pertengahan bulan puasa, namun kita optimis setinggi tahun kemarin. Contohnya saja, postingan bertema keluarga dan teman yang kebanyakan tentang buka puasa bersama, mudik dan lainnya sudah meningkat 2 minggu sebelum Ramadan,” ungkapnya.

Selain itu, untuk mendorong bentuk engangement tersebut, Instagram telah meluncurkan filter Lantern dan stiker GIF bertema Ramadan 6 Mei lalu. Filter ini menampilkan ornamen bulan sabit bokeh dan menawarkan pilihan desain lainnya saat diketuk.