Merasakan Sensasi Rumah Pintar LG di Sydney

Liputan6.com, Sydney – Saat gelaran InnoFest 2019 tingkat Asia Pasifik, LG Electronics menekankan teknologi kecerdasan (artificial intelligence/AI), dengan mendirikan rumah pintar bernama LG Mansion di Cremorne, Sydney, New South Wales, Australia.

Di rumah pintar tersebut dipamerkan sejumlah demo produk elektronik LG kelas premium (LG Signature), yang telah membenamkan platform AI, ThinQ, dengan dukungan dari Google Assistant dan Amazon.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk merasakan sensasi bagaimana produk tersebut dapat memudahkan aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah dan menyenangkan di rumah pintar LG, Rabu (13/3/2019) waktu setempat.

Perangkat elektronik, mulai dari televisi (TV), penyejuk udara, pembersih debu, lemari es, lemari pendingin wine, microwave, mesin pembuat bir, hingga mesin cuci, bisa berkomunikasi satu sama lain.

Ini disebut Internet of Things (IoT), di mana semua itu bisa berjalan berkat dukungan jaringan internet berkecepatan tinggi, seperti 5G. Dalam hal ini kemampuan AI dibutuhkan IoT untuk menjadikan perangkat menjadi lebih bersahabat.

Berkat AI, perangkat elektronik tersebut juga akan mempelajari kebiasaan pengguna serta merekomendasikan atau memberi saran tentang pengaturan dan pemakaian perangkat agar bisa berjalan dengan baik.

Untuk menggunakan perangkat pintar dari LG, pengguna cukup melakukan perintah melalui suara, dengan mengatakan “Hi LG”. Dengan catatan perangkat tersebut sudah mengenal suara si pengguna.

Suasana LG InnoFest 2019 di Sydney, Australia. Liputan6.com/Iskandar

Misalnya, saat ingin menaruh wine di lemari pendingin, pengguna cukup mengatakan, “Hi LG, open the door please.”┬áLalu pintu lemari pendingin itu akan terbuka dengan sendirinya tanpa khawatir botol wine yang ada di kedua genggaman tangan terjatuh.