Menkominfo Fasilitasi Inovasi Drone Bukalapak

Beberapa inovasi teknologi yang bakal dikembangkan di pusat riset ini adalah drone hingga kecerdasan buatan. Menurut Co-founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky, saat ini inovasi drone yang dikembangkan Bukalapak masih dalam tahap uji coba.

“Untuk drone, kami sedang eksperimen dalam skala kecil. Kami ingin membuat drone yang lebih canggih untuk masyarakat Indonesia, yang bisa menghindari lemparan ketapel,” tuturnya saat konferensi pers ulang tahun ke-9 Bukalapak di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Adapun drone itu akan digunakan untuk proses pengiriman. Selain itu, Zaky juga menuturkan dirinya memiliki ide untuk mengembangkan toko ritel tanpa pramuniaga (unmanned retail).

Sekadar informasi, unmanned retail merupakan toko tanpa kasir yang seluruh proses pembeliannya dilakukan sendiri tidak dengan bantuan manusia.

“Denngan sistem ritel yang terintegrasi, kami memimpikan bahwa penjualan ritel itu memiliki sistem yang simpel dan nyaman, sehingga tidak perlu ada manusia. Produknya pun bagus dan baik,” ujarnya menjelaskan.

Kendati demikian, Zaky belum bisa memastikan kapan inovasi tersebut dapat diwujudkan. Menurutnya, Bukalapak memiliki nilai bahwa harus mencoba, meski selalu gagal. Hal itu, menurut Zaky, merupakan keniscayaan di dunia teknologi.

“Di era teknologi ini, 99 persen kegagalan itu diperlukan. Jadi, kami harus selalu mencoba. Perkara gagal itu dapat terjadi, yang penting terus dicoba,” tutur pria lulusan Institut Teknologi Bandung tersebut.

Salah satu percobaan yang terus dilakukan Bukalapak dan akhirnya berhasil adalah Mitra Bukalapak. Zaky menuturkan, Bukalapak harus berjibaku sebelum program yang ditujukan untuk memudahkan pemilik warung berjualan itu menuai hasil positif.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Presiden Jokowi berharap Bukalapak bisa membimbing UMKM naik kelas.