Mengenang 35 Tahun Gim Legendaris Tetris

Liputan6.com, Jakarta – Tetris tak dimungkiri menjadi salah satu gim populer lintas zaman. Pertama kali diciptakan pada 1984, gim ini nyatanya masih terus bertahan hingga sekarang.

Dikutip dari Digital Trends, Rabu (12/6/2019), Tetris di tahun ini akan berusia 35 tahun. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, gim ini diciptakan oleh pengembang software asal Rusia, Alexey Pajitnov.

Tetris sendiri disebut terinspirasi dari gim papan (board game) bernama Pentominos, gim yang dibuat dari balok kayu dengan banyak bentuk. Pemain harus menyusun balok tersebut dan menjadi yang terakhir untuk menjadi pemenang.

Pajitnov sebenarnya tidak sendiri dalam menggarap Tetris. Dia bersama dua temannya, Dmitry Pavlosky dan Vadim Gerasimov, berhasil merancang gim pertama Rusia yang rilis di Barat, tepatnya pada 1986.

Meluasnya gim Tetris juga tidak lepas dari sosok pengusaha asal Belanda bernama Henk Rogers. Setelah berhasil memperoleh paten Tetris untuk konsol gim portabel, dia pun bergerak cepat membawa Tetris versi portabel ke pasaran.

Hasilnya, konsol portabel Game Boy versi Tetris rilis pada 1989 dan terjual sebanyak 35 juta unit sepanjang tahun itu.

Tetris sendiri kini sudah hadir dalam banyak versi. Mulai dari versi Game Boy sebagai pelopor, hingga yang terbaru hadir di PlayStation VR termasuk Nintendo Switch.

Uniknya, dalam wawancara terbaru, Pajitnov mengaku bahwa dirinya ternyata tidak terlalu jago dalam memainkan Tetris. Dia menyebutnya dirinya dapat dikatakan berada dalam taraf amatir yang andal.