Mengenal Beragam Fitur dan Manfaat Dompet Digital DANA

Liputan6.com, Jakarta – Aplikasi dompet digital DANA akhirnya resmi dirilis di Google Play Store dan App Store sejak Desember tahun lalu.

Menurut CEO DANA Vince Iswara, DANA memiliki potensi tinggi berkembang, terutama dengan dukungan infrastruktur yang dibangun pemerintah.

Terlebih, DANA dibuat oleh orang Indonesia dan ditujukan untuk orang Indonesia.

“DANA dibuat di Indonesia oleh orang Indonesia dan untuk orang Indonesia,” tutur Vince saat peluncuran DANA pada Desember 2018.

Lantas, seperti apa layanan yang sebenarnya ditawarkan DANA? Dompet digital ini menawarkan beragam fitur yang dapat digunakan pengguna untuk bertransaksi sehari-hari.

Pengguna DANA dapat membeli pulsa, membayar tagihan listrik, PAM, hingga cicilan. Bagi gamer juga dapat membeli voucher Mobile Legends dan kode Google Play untuk membeli kebutuhan di Play Store.

Tidak hanya itu, DANA juga dapat terhubung dengan sejumlah layanan online, seperti Bukalapak dan Tix.id. Selain kedua layanan itu, DANA juga sudah tersedia di aplikasi chatting BBM.

Pengguna yang terbiasa bertransaksi offline juga dapat memanfaatkan saldo di DANA dengan metode QR Code.

Saat ini, DANA sudah dapat digunakan untuk melakukan pembelian di KFC, Hoka Hoka Bento, Bakmi GM, Baskin Robbins, termasuk Ramayana dan beberapa merchant lain.

2 dari 3 halaman

Lakukan Transfer Hingga Tarik Tunai

Layanan Dana di BBM. Liputan6.com/Andina Librianty

Pengguna yang ingin melakukan transfer atau penarikan DANA juga dapat melakukannya dengan mendaftar sebagai akun premium terlebih dulu.

Soal pendaftaran akun premium, DANA sudah bekerja sama dengan database kependudukan milik Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Jadi, verifikasi untuk akun premium di DANA lebih cepat dan mudah. Verifikasi berbasis data Dukcapil ini akan menggantikan verifikasi melalui panggilan video.

DANA juga memungkinkan pengguna mendaftarkan kartu debet atau kreditnya langsung di aplikasi. Dengan cara ini, proses transaksi yang berada di dalam aplikasi dapat berjalan lebih mulus.

3 dari 3 halaman

Sederhana, Aman, dan Cerdas

Dua wanita menggunakan DANA, Dompet Digital Indonesia di Jakarta, Rabu(21/3). DANA, Dompet Digital Indonesia merupakan sebuah layanan dari perusahaan rintisan (start up) di bidang teknologi finansial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

DANA juga menawarkan aplikasi yang sederhana, aman, dan cerdas. Vince menuturkan aplikasi DANA sangat mudah dipakai dan user friendly.

Urusan keamanan juga menjadi perhatian, sehingga DANA menerapkan security dan authentication sehingga apabila ada dana hilang saat transaksi, akan diganti 100 persen.

Sebagai tambahan, transaksi melalui DANA tidak lagi memerlukan pin atau tanda tangan termasuk one time password (OTP). Hal ini berbeda dari platform lain yang masih memanfaatkan sistem tersebut.

Vince melanjutkan, saat ini DANA sudah memiliki 238 anggota tim yang dinamakan DanaM8s dan 68 persen di antaranya merupakan engineers.

Dengan begitu, para engineers tersebut bertugas untuk terus mengembangkan DANA agar layanannya makin mumpuni di masa depan.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: