Mahasiswa, Begini Cara Buka Jurnal Berbayar Secara Gratis

Orang-orang yang memegang gelar keilmuan di bidang linguistik–ilmu tentang bahasa–pada umumnya meniti karier sebagai akademisi/peneliti, penulis profesional, penerjemah, dan sebagainya.

Namun kemajuan teknologi membuka banyak peluang baru bagi mereka untuk menempati posisi-posisi strategis di industri kecerdasan buatan.

Perusahaan di industri kecerdasan buatan melirik orang-orang dengan latar belakang linguistik untuk dilibatkan dalam pengembangan produk dan layanan pelanggan.

“Linguistik punya peran penting untuk lebih memahami pengguna dan bagaimana mereka berkomunikasi dengan perusahaan,” kata Caterina Balcells, chief linguistic officer di Inbenta, sebuah startup yang bergerak di industri kecerdasan buatan, sebagaimana dikutip dari CIO, Jumat (5/5/2017).

Jika kita bisa mengembangkan teknologi yang menggunakan pengolahan bahasa alami untuk membantu pelanggan menemukan apa yang mereka cari, lanjut Balcells, itu akan mengurangi kebutuhan untuk memekerjakan manusia dalam melakukan tugas itu. Pada saat yang sama itu juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan.