Libur Lebaran 2019, Trafik Data XL Naik 57 Persen

Data pusat monitoring jaringan XL Axiata juga menunjukkan area-area dengan lonjakan trafik data signifikan dibandingkan kondisi normal.

Adapun lonjakan trafik data secara signifika terjadi pada pusat perbelanjaan meningkat 6 persen, lokasi wisata naik 9 persen, bandara naik 5 persen, dan rata-rata di stasiun kereta naik 12 persen. Seiring dengan adanya arus mudik dan balik, trafik di area-area sepanjang jalan tol Trans Jawa juga naik cukup signifikan, yaitu sekitar 6 persen dibandingkan hari normal di luar masa mudik.

Selanjutnya, setelah tersedia sarana jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, perpindahan trafik layanan antar daerah juga meningkat.

Tercatat, trafik layanan data di wilayah Jabodetabek berkurang 8 persen selama lebaran 2019. Sebaliknya, trafik layanan data di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta naik antara 10-25 persen, Jawa Barat naik 11-43 persen, Lampung naik 38 persen, dan Sumatera Selatan naik 15 persen.

Kota-kota yang menyumbang kenaikan trafik tertinggi berada di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik atau perpindahan pelanggan tersebut.

Jepara menjadi kota dengan trafik tertinggi dengan naik 137 persen di banding hari normal, selanjutnya Kota Kuningan naik 102 persen, dan Kabupaten Pemalang naik 83 persen.

Di wilayah Kalimantan, kota dengan trafik tertinggi adalah Kab. Kutai Kartanegara naik 79 persen, Tanah Laut naik sekitar 51 persen, lalu diikuti kota Balikpapan naik 40 persen. Sementara di Sulawesi, Kab. Pinrang, naik sekitar 81 persen, dan Manado naik 16 persen.