Komputer Kamu Terinfeksi Malware ShadowHammer? Begini Cara Ceknya

Liputan6.com, Jakarta – Asus baru saja mengakui sistem pembaruan atau update software PC milik perusahaan telah diretas, dan digunakan untuk mendistribusikan malware ke 1 juta komputer Windows.

Menanggapi isu tersebut pihak Asus Indonesia mengaku telah mengecek masalah ini ke headquarter.

“Untuk isu ini kami sudah cek ke Asus Headquarter. Saat ini mereka sedang mendalami kasus tersebut dan mencari solusinya,” kata Head of Public Relation and E-Marketing Asus Indonesia Muhammad Firman via pesan singkat, Selasa (26/3/2019) di Jakarta.

Firman menuturkan, secara pasti belum ada informasi spesifik terkait dampaknya terhadap pengguna notebook Asus di Indonesia.

Berkaca dari kejadian tersebut, perusahaan keamanan Kaspersky Lab memberikan tools yang bisa dipakai untuk memeriksa apakah perangkat pengguna terkena dampaknya.

Yang dibutuhkan hanya perlu beberapa detik untuk melihat apakah perangkat kamu terinfeksi malware ShadowHammer, sebagaimana dikutip dari Lifehacker pada Rabu (27/3/2019).

1. Unduh “shadowhammercheck.zip” dengan mengklik tautan “Download an archive with the tool” di laman Kaspersky SecureList.

2. Unzip file yang sudah diunduh ke lokasi penyimpanan, dan buka folder bertuliskan “shadowhammercheck” dan klik shadowhammer.exe.

3. Program itu akan secara otomatis mengecek PC kamu, dan memberikan hasil diagnosis secara langsung.