Kapan Samsung Galaxy Fold Hadir di Indonesia?

Liputan6.com, San Francisco – Smartphone layar lipat pertama Samsung, Galaxy Fold, mencuri banyak perhatian saat diumumkan di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada Rabu (20/2/2019) waktu setempat.

Dengan pengumuman tersebut, Samsung menjadi vendor smartphone pertama yang mengumumkanĀ perangkat layar lipat pada tahun ini.

Samsung akan mulai menjual Galaxy Fold pada 26 April 2019 dengan harga jual US$ 1.980 atau berkisar Rp 27,7 juta. Sayangnya, sampai saat ini belum bisa dipastikan tentang kehadiran smartphone tersebut di Indonesia.

“Untuk Galaxy Fold, terus terang kami di Samsung Indonesia belum mendapatkan konfirmasi kapan itu akan hadir di Indonesia. Namun kami berharap setelah kita melihat input dan respons positif terhadap pengumuman Galaxy Fold, berharap bisa segera menghadirkannya di Indonesia,” ungkap Head of Product Marketing Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant, saat ditemui usai acara pengumuman Galaxy S10 di San Francisco, Amerika Serikat (AS), 20 Februari 2019.

“Tapi waktunya kapan (peluncuran Galaxy Fold di Indonesia), terus terang kami belum tahu sih, karena sedang diupayakan dan tidak bisa janji juga bisa datang tahun ini. Namun, mudah-mudahan bisa segera kami hadirkan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Galaxy Fold saat ini kompatibel dengan dua jaringan seluler yakni 4G dan 5G. Namun, jika merujuk pada jaringan 5G, Indonesia sampai saat ini belum juga memiliki layanan tersebut secara komersial. Pemerintah Indonesia memperkirakan jaringan 5G baru bisa hadir di Indonesia pada 2022.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Galaxy Foldable

Galaxy Fold. (Doc: Samsung)

Adapun mengenai spesfikasinya, Galaxy Fold dibekali dengan prosesor 7nm dan RAM 12GB. Spesifikasi ini membuat Samsung mengklaim performanya menyerupai PC. Perangkat ini juga dilengkapi memori internal 512GB dan kapasitas baterai 4.380mAh.

Galaxy Fold memiliki layar 4,6 inci saat dilipat. Namun ketika layar dibuka, bentuknya menjadi serupa tablet dengan luas 7,3 inci.

Galaxy Fold hadir dengan enam kamera, yakni tiga kamera utama dan dua di depan, serta satu kamera di bagian kover.

Spesifikasi lainnya termasuk kamera utama ultra wide 16MP dengan aperture F2.2, lensa wide 12MP dual aperture F1.5 dan F2.4, serta dilengkapi OIS. Kemudian terdapat kamera telephoto 12MP dengan aperture F2.4 dan OIS.

Sementara dua kamera depan memiliki lensa telephoto 10MP dengan F2.2, dan RGB Depth 8MP dengan F1.9. Satu kamera di bagian kover memiliki lensa 10MP dengan aperture F2.2.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: