Jokowi Apresiasi Bukalapak Bangun Ekonomi Digital Lewat UMKM

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi upaya Bukalapak dalam membangun ekonomi digital di Indonesia dengan melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kehadiran Bukalapak sebagai layanan marketplace dinilai sangat membantu UMKM memperluas pemasarannya.

“Saya melihat ada semangat di Bukalapak dalam membangun sebuah ekonomi digital, yang benar-benar melibatkan UMKM dan saya mengapresiasi yang dilakukan Bukalapak. Produk-produk mereka memerlukan akses ke pasar yang lebih besar,” ungkap Jokowi dalam perayaan ulang tahun ke-9 Bukalapak di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Jokowi berharap, jumlah UMKM yang menjadi pelapak di Bukalapak akan kian bertambah.

Saat ini, Bukalapak memiliki 4 juta pelapak. Artinya, masih banyak UMKM yang belum bergabung. Berdasarkan catatan pemerintah, saat ini terdapat sekira 56 juta UMKM di Tanah Air.

Jokowi mendorong pelaku UMKM untuk memperkuat produknya dari berbagai sisi agar bisa memikat lebih banyak konsumen.

Ia menyoroti beberapa masalah yang dihadapi UMKM saat ini, termasuk dari sisi kemasan, desain, dan kecepatan produksi produk.

“Memang masalahnya banyak, termasuk kemasan, brand, desain, dan kecepatan produksinya. Sehingga semuanya itu memengaruhi bagaimana sebuah produk itu laku di pasar atau tidak,” jelasnya.