Jaringan Operator Dijamin Bakal Berjalan Lancar Selama Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengaku sudah berkoordinasi dengan operator telekomunikasi soal kelancaran layanan telekomunikasi saat Pemilu 2019 yang berlangsung pada hari ini, Rabu (17/4/2019).

Seperti disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli, koordinasi dilakukan demi mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik saat berlangsungnya Pemilu 2019.

“Kalau keseluruhan, jaringan telekomunikasi milik penyelenggara telekomunikasi siap dalam mengantisipasi lonjakan trafik saat Pemilu tanggal 17 April 2019 berlangsung. Kami akan terus melakukan pemantauan kesiapan jaringan telekomunikasi selama penyelenggaraan Pemilu 2019,” tutur Ramli kepada Tekno Liputan6.com.

Menurut laporan Kemkominfo, berikut daftar operator telekomunikasi dan upayanya dalam menstabilkan jaringan selama Pemilu 2019 berlangsung.

1. Indosat Ooredoo

Penggelaran jaringan 4G Plus yang telah mengcover 80% populasi nasional

Persiapan kapasitas jaringan telekomunikasi untuk Pemilu merupakan bagian dari kesiapan kapasitas jaringan yang telah dilakukan sejak awal tahun, dalam rangka mengantisipasi berbagai momen kenaikan trafik sepanjang tahun 2019, termasuk di dalamnya momen Pemilu.

Monitoring Jaringan

Dalam rangka menjaga performansi jaringan dilakukan monitoring jaringan lebih intensif secara nasional melalui iNOC & ISOC, sehingga setiap potensi gangguan trafik telekomunikasi bisa segera diidentifikasi dan diselesaikan dengan cepat.