Ini Alasan Mengapa Kamu Tak Boleh Buang Baterai Bekas Sembarangan

“Itulah sebabnya, sampah baterai ini harus ditangani dengan baik dan benar agar tidak membahayakan lingkungan maupun masyarakat, termasuk diri kita sendiri,” ungkap Gufron Mahmud, Direktur Utama PT Arah Environmental Indonesia yang juga pemerhati lingkungan.

Menurut Gufron, ada beberapa langkah untuk menangani sampah B3 terutama baterai dengan baik dan benar dilingkungan sekitar kita. Y

ang pertama adalah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya sampah baterai bagi kesehatan.

Beberapa langkah bagaimana cara penanganan sampah B3 yang baik dan benar yaitu :

1. Memulai dengan memisahkan sampah B3 seperti baterai bekas di rumah dengan meletakkannya di dalam wadah khusus dan terpisah dengan sampah lainnya.

2. Kumpulkan semua sampah bahan berbahaya di dalam tempat tertentu, misalnya di setiap satu RW ada satu tempat khusus untuk menampung sementara  sampah berbahaya.

3. Saat pengelola sampah datang untuk mengambil sebaiknya mereka juga sudah memiliki kesadaran untuk tidak mencampur  sampah berbahaya dengan sampah lainnya

4. Setelah itu sampah B3 ini  dikirimkan ke tempat pengelola sampah B3 yang sudah memenuhi standar dan berizin.

“Dalam hal ini, kami mendukung kebijakan pemerintah dengan berperan dalam memberikan edukasi kepada para pihak yang menghasilkan limbah B3 termasuk limbah baterai dan untuk pengelolaan limbah B3 seperti limbah baterai, kami dapat memberikan solusi pengelolaannya yaitu layanan ECOFREN,” tandas Gufron.

“Kami bukan hanya melakukan pengambilan sampah B3, termasuk baterai ini saja, tetapi juga mencakup perencanaan, perlengkapan dan pengemasan, pengangkutan, pengolahan, pelatihan dan konsultasi, serta penempatan sumber daya manusia (managed service) dalam mengelola  sampah B3 secara tepat dan sesuai dengan standar pengendalian pencemaran lingkungan hidup,” pungkasnya.

Harapannya, tentu masyarakat semakin sadar dengan  sampah B3 yang di dalamnya juga termasuk baterai bekas dan menekan serendah mungkin pencemaran lingkungan akibat dari baterai bekas ini.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Skuter ini bisa mencapai jarak 70 hingga 120 kilometer setelah di charge.