Ingin Ubah Nomor Ponsel Kamu di WhatsApp, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta – Apakah kamu pengguna setia WhatsApp? Jika iya, ternyata aplikasi ini mempunyai sejumlah fitur menarik yang dapat kamu gunakan. Salah satu fitur tersebut adalah Ubah Nomor (change number). 

Dengan fitur ini, kamu dapat mengganti nomor telepon, dengan akun WhatsApp yang sama di smartphone. Fitur ini berguna sebelum kamu memverifikasi nomor yang baru.

Sebelum menggunakan fitur ini, ada beberapa hal yang perlu diingat dan akan mempengaruhi beberapa hal, seperti memindahkan informasi akun kamu (termasuk data pribadi), grup, dan pengaturan dari nomor telepon lama kamu ke nomor yang baru.

Tidak hanya itu, Ubah Nomor juga akan menghapus akun yang lama. Dengan begini kontak yang lama tidak akan terlihat lagi di WhatsApp teman-teman kamu.

Jika kamu menggunakan fitur ini, riwayat obrolan akan terus ada di WhatsApp selama masih menggunakan smartphone yang sama.

Sebelum memulai proses Ubah Nomor, pastikan terlebih dahulu kamu menyimpan nomor baru di smartphone. Hal ini dilakukan agar mudah saat menerima pesan yang masuk selama proses penggantian nomor ini berjalan.

Pastikan nomor telepon lama yang kamu punya sudah di verifikasi oleh WhatsApp. Kamu dapat memastikannya dengan cara pergi ke aplikasi WhatsApp> Opsi lainnya> Pengaturan dan klik foto profil kamu.

2 dari 2 halaman

Cara Pakai Fitur Ubah Nomor di WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Sebagai catatan, WhatsApp tidak akan memberitahukan secara individu kepada kontak akan perubahan tersebut. Aplikasi ini hanya akan memberitahukannya melalui grup yang kamu miliki.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya memberitahukan dahulu kepada teman-teman bilamana kamu akan mengubah nomor WhatsApp.

Dikutip Tekno Liputan6.com melalui WhatsApp, Kamis (27/6/2019). Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan ketika ingin menggunakan fitur Ubah Nomor.

Pertama, masukkan kartu SIM baru dengan nomor baru ke smartphone kamu. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp dan periksa apakah nomor telepon lama sudah di verifikasi atau belum. Jika sudah di verifikasi, kamu klik Opsi lainnya> Pengaturan> Akun> Ubah Nomor.

Lalu, masukkan nomor telepon lama kamu di kontak atas dan masukkan nomor telepon baru di kontak bawah, dan klik Selanjutnya.

Jika kamu mengaktifkan Beritahu Kontak, kamu bisa memilih apakah ingin memberitahu Semua Kontak, Kontak Saya atau Custom.

Jika memilih Custom, kamu harus mencari dan memilih kontak yang ingin diberitahu, lalu klik Selesai. Pada saat yang sama, akan diminta untuk memverifikasikan nomor yang baru.

Selamat mencoba.

(Linda Fahira Putri/Ysl)