Ilmuwan Rakit Mesin Untuk Lihat Masa Depan

Liputan6.com, Jakarta – Di dalam fillm Avengers: Infinity War, adegan Dr Strange yang melihat 14 juta kemungkinan masa depan menarik perhatian sebagian orang. Mungkin saja, jika manusia memiliki komputer kuantum, manusia bisa melihat masa depannya.

Hal itulah yang sedang diuji coba oleh kelompok peneliti dari Nanyang Technological University (NTU) dari Singapura dan Griffith University dari Australia.

Kelompok peneliti ini tengah mengkonstruksi perangkat prototip kuantum yang bisa menghasilkan beragam kemungkinan masa depan dalam superposisi kuantum simultan.

Dunia kuantum adalah dunia probabilitias, tempat di mana banyak kemungkinan dan berbagai paradoks yang bisa terjadi. Demikian menurut yang dilansir Science Daily, Sabtu (18/5/2019).

“Ketika kita berpikir tentang masa depan, kita dihadapkan dengan berbagai kemungkinan,” ungkap asisten Profesor Mile Gu dari NTU, yang memimpin penelitian dan pengembangan mesin.

Dirinya mengatakan, kemungkinan ini tumbuh secara eksponensial saat manusia melangkah lebih jauh ke masa depan.

Misalnya, jika manusia hanya memiliki 2 kemungkinan untuk memilih dari setiap menit, dalam waktu kurang dari setengah jam ada 14 juta kemungkinan berjangka.

Dalam waktu kurang dari sehari, jumlah kemungkinannya melebihi jumlah atom di alam semesta.