Huawei Ungkap Jadwal Rilis EMUI 9.1

Liputan6.com, Jakarta – Huawei akhirnya mengungkap jadwal peluncuran EMUI 9.1 untuk sejumlah smartphone besutannya. Sebelumnya, custom OS yang berbasis Android 9.0 Pie tersebut baru tersedia untuk Huawei P30 dan P30 Pro.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (29/6/2019), ada 23 daftar smartphone diumumkan Huawei akan mendapat pembaruan ke EMUI 9.1.

Tidak hanya model perangkat, perusahaan tersebut juga merinci waktu peluncuran untuk tiap-tiap perangkat.

Tahap pertama peluncuran EMUI 9.1 akan dilakukan untuk Mate 20, Mate 20 Pro, Mate 20 X, dan 20 RS Porsche Design. Dalam pengumumannya, pembaruan ini akan digulirkan mulai 27 Juni 2019.

Lalu sisa smartphone lain akan menerima pembaruan mulai Juli 2019. Untuk mengetahui daftar lengkapnya, berikut ini Tekno Liputan6.com sertakan daftar perangkat Huawei yang akan menerima EMUI 9.1

Varian flagship yang dipastikan mendapat update tersebut adalah P20, P20 Pro, Mate 10, Mate 10 Pro, Mate 10 Porsche Design, Mate 9, dan 9 Pro.

Sementara varian smartphone kelas menengah yang akan memperolehnya, yakni Y9 2019, Y6 2019, Y5 2019, Nova 3, Nova 3i, Nova 3e, dan Nova 4.

Namun perlu diingat, meski Huawei sudah mengumumkan jadwal rilis EMUI 9.1, ada kemungkinan tidak seluruh wilayah akan mendapatkannya secara bersamaan.

2 dari 3 halaman

Huawei Mate X Bakal Rilis September 2019

Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty

Terlepas dari kabar itu, Huawei memastikan smartphone lipat, Mate X, akan dirilis sebelum akhir tahun ini. Smartphone itu akan meluncur paling lambat pada September 2019.

Dilansir Tech Radar, Senin (23/6/2019), informasi baru tersebut disampaikan oleh President of Western European Region Huawei, Vincent Pang, saat berkunjung ke New York City.

Paling lambat akan hadir pada September. Mungkin bisa lebih awal, tapi pastinya September sudah ada,” ungkap Pang.

Pang mengungkapkan tidak akan membatasi wilayah peluncuran Mate X. Selama wilayah tersebut sudah memiliki konektivitas 5G. Pernyataannya ini sekaligus mengonfirmasi bahwa Mate X merupakan smartphone 5G.

Kendati akan dirilis ke negara yang udah memiliki 5G, tapi Mate X tidak akan menyambangi Amerika Serikat (AS).

Seperti diketahui, pemerintah AS saat ini memblokir Huawei, sehingga tidak bisa berbisnis dengan perusahaan-perusahaan asal negara tersebut.

3 dari 3 halaman

Berbasis OS Android

Huawei (Foto: Huawei)

Lebih lanjut, Pang memastikan Mate X akan tetap meluncur dengan OS Android dan aplikasi-aplikasinya. “Ya (tetap Android), karena memang sudah diumumkan,” tuturnya.

Pang juga menyampaikan informasi tambahan tentang penyebab penundaan peluncuran Mate X. Salah satunya, lambatnya penerapan teknologi 5G, dan tidak ada kaitannya dengan masalah AS.

Huawei saat ini juga sedang menunggu penyebaran teknologi 5G di Tiongkok, dan berbagai area penting lain. Jaringan 5G juga baru tersedia di Inggris, yang merupakan wilayah kunci untuk smartphone Huawei.

Pang pun memastikan kualitas daya tahan layar OLED Mate X. Menurutnya, Huawei sudah berusaha agar tidak mengalami kegagalan seperti Samsung saat hendak merilis Galaxy Fold, yang akhirnya ditunda.

“Itu rahasia (upaya memastikan daya tahan layar). Namun, kami sudah melakukan banyak pengujin, terutama untuk hal itu,” ungkapnya.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: