Huawei P30 Pro vs Galaxy Note 10 Plus: Siapa yang Lebih Baik Dipilih?

Liputan6.com, Jakarta Pertempuran smartphone flagship antara Huawei dan Samsung semakin seru. Jika Huawei punya duet P30 dan P30 Pro sebagai smartphone terbaik dari sisi fotografi, dapur pacu dan desain, maka Samsung punya jagoan baru Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus.

Kali ini kita akan khusus membahas seri paling tinggi dari masing-masing pabrikan yakni Huawei P30 Pro dan Samsung Galaxy Note 10 Plus. Anda yang sudah mengikuti perkembangan smartphone tentu sudah cukup baik mengenal spesifikasi keduanya. Dari sisi dapur pacu, kita tak perlu lagi meragukan kualitas dan kemampuan Huawei P30 Pro dan Galaxy Note 10 Plus untuk multitasking dan mendukung penampilan Anda. Keduanya saat ini layak menjadi pilihan terdepan di antara yang lain.

Sebagai gadget yang baru lahir, Samsung membekali Galaxy Note 10 plus dengan memiliki fitur-fitur baru yang kekinian. Membandingkan Galaxy Note 10 Plus dengan Huawei P30 Pro yang meluncur 4 bulan lalu mungkin sedikit berlebihan. Namun jangan anggap sepele Huawei P30 Pro. Dari sisi kamera, kemampuan untuk selalu on dan efisiensi harga, Huawei P30 Pro memiliki keunggulan dibandingkan Galaxy Note 10 Plus.

Kamera Utama

Kamera telah menjadi bagian paling penting dalam pertempuran smartphone flagship. Huawei P30 Pro dan Galaxy Note 10 Plus sama-sama memiliki 4 kamera (quad camera) di belakang dengan spesifikasi yang berbeda.

Huawei P30 Pro menggunakan kamera Leica dengan konfigurasi 40MP f/16 + 20MP f/2.2 + 8MP (Telefoto) + ToF (Time of Flight) 3D Camera. Teknologi HUAWEI ToF Camera membuat hasil foto lebih tajam, terutama dalam cahaya rendah dan dapat membantu dengan efek blur dalam mode portrait.

Huawei P30 Pro.

Samsung menyusul Huawei dengan ToF baru yang dibenamkan pada Galaxy Note 10 Plus. Namun konfigurasi kameranya jauh lebih rendah dengan ukuran 12MP, f/1.5-2.4 + 12MP, f/2.1 + 16MP, f/2.2 + VGA f/1.4. Begitu disayangkan memang, Galaxy Note 10 Plus masih menggunakan konfigurasi kamera 12MP yang sama dengan pendahulunya. Selain itu, sensor ToF yang dimiliki Note 10 Plus juga tampak jadul bila dibandingkan dengan 50X Zoom dan fitur super low-light Huawei P30 Pro.

Kamera Selfie

Huawei P30 Pro dan Galaxy Note 10 Plus memiliki kualitas selfie di atas rata-rata. Keduanya layak dipilih, namun harus diakui bahwa Huawei P30 Pro memiliki spesifikasi lebih tinggi dengan sensor 32MP, f/2.0 dibandingkan kamera selfie Galaxy Note 10 Plus yang hanya 10MP, f/2.2. Aperture f/2.2 yang dimiliki Galaxy Note 10 Plus juga menjadi tanda tanya karena pada seri sebelumnya Samsung menggunakan f/1.9. Padahal seperti kita ketahui aperture yang lebih kecil itu lebih baik.

Baterai dan Pengisian Daya

Sebagai perangkat yang baru meluncur, Samsung Galaxy Note 10 Plus tampak lebih unggul dari baterai dan pengisian daya. Note 10 Plus memiliki kapasitas 4300 mAh dibandingkan Huawei P30Pro sebesar 4200 mAh. Kemampuan kabel pengisian daya cepat Note 10 Plus sebesar 45W juga melampau Huawei P30 Pro dengan 40 W. Namun, ada hal yang perlu Anda cermati dari sisi baterai dan pengisian daya Galaxy Note 10 Plus ini.

Seperti yang diketahui, Note 10 Plus adalah seri lanjutan dari Note 7 yang beberapa tahun lalu bermasalah dengan baterai berdaya 3.500 mAh. Insiden ponsel meledak sempat menyebabkan krisis pada merek Samsung. Sehingga pada Note 8, samsung menurunkan daya menjadi 3.300 mAh. Dan sekarang Samsung melengkapi Galaxy Note 10 Plus dengan daya 4300 mAh lebih tinggi dari Note 9. Menarik disimak apakah daya tinggi ini aman dan sesuai harapan konsumen?

Sementara dalam hal pengisian daya, kabel pengisian daya cepat Note 10 Plus sebesar 45 W dijual terpisah. Dengan kata lain jika Anda membeli Note 10 Plus, Anda hanya mendapatkan kabel pengisian daya 25W, berbeda dengan Huawei P30 Pro yang langsung melengkapi box ponsel dengan kabel daya cepat 40W.

Dalam hal kemampuan pengisian daya nirkabel baik Note 10 Plus maupun Huawei P30 Pro sama-sama memiliki daya 15W. Sayang Samsung tidak membekali nirkabel Note 10 Plus lebih tinggi, padahal dari sisi harga jauh lebih tinggi.

Desain dan fitur baru

Melihat desain Galaxy Note 10 Plus, Anda tentu akan sangat membandingkan dengan Huawei P30 Pro. Keduanya memiliki kemiripan baik dari gradasi warna dan tata letak kamera belakang, sekilas orang bisa menganggap mereka bersaudara padahal tidak. Mengingat Huawei P30 Pro lebih dahulu hadir, maka tak salah jika ada yang menganggap Galaxy Note 10 Plus mengikuti style Huawei P30 Pro.

Huawei P30 Pro vs Galaxy Note 10 Plus.

Selain desain yang tampak hampir sama, Samsung Galaxy Note 10 Plus juga telah menggunakan chipset 7nm, teknologi yang persis sama dengan Huawei P30 Pro yang lebih dahulu diluncurkan beberapa bulan lalu. Kemiripan Note 10 Plus dengan Huawei P30 Pro tak berhenti di situ. Samsung kini tidak melengkapi Galaxy Note 10 Plus dengan jack headphone 3.5 mm, seperti Anda ketahui Huawei P30 Pro tidak menggunakan jack headphone 3.5 mm lebih dahulu.

Harga

Huawei P30 Pro dan Note 10 Plus adalah ponsel dengan harga premium. Samsung menawarkan Galaxy Note 10 Plus varian RAM dan ROM 8GB/256 GB seharga Rp 16 jutaan, sementara Huawei P30 Pro saat dengan varian RAM dan ROM yang sama dibandrol dengan harga Rp 10 jutaan. Jika dengan alasan lebih hemat dan efisien, maka Huawei P30 Pro bisa jadi pilihan utama.

Hal mencolok yang membedakan Galaxy Note 10 Plus dan Huawei P30 Pro adalah Stylus S Pen yang makin kaya fitur. Mungkinkah ini yang membuat Note 10 Plus jauh lebih mahal dari Huawei P30 Pro ? Seberapa sering Stylus S Pen ini digunakan para pengguna ponsel saat ini?

Jika yang kita bandingkan hanya dari sisi teknologi kamera, desain, dan dapur pacu, memilih Galaxy Note 10 Plus akan memberikan perasaan yang lebih baik karena tergolong sebagai gadget baru meluncur ke pasaran. Namun, jika sampai Huawei meluncurkan Matte 30 Pro dengan teknologi kamera dan desain yang semakin diperbaharui penilaian Anda terhadap Galaxy Note 10 Plus bisa berubah.

Jadi pilih Huawei P30 Pro atau Samsung Galaxy Note 10 Plus?

(Adv)