Hitachi Vantara Tawarkan Solusi Storage untuk Pelaku Bisnis Kecil dan Menengah

Liputan6.com, Jakarta – Hitachi Vantara baru saja memperkenalkan sistem dan storage untuk perusahaan entry level. Anak perusahaan Hitachi itu menghadirkan Hitachi Virtual Storage Platform (VSP) G130.

Seri ini merupakan perluasan dari sistem seri VSP G hybrid flash. Bedanya, VSP G130 mendukung inisiatif modernisasi pusat data yang lebih kecil.

Untuk itu, VSP G130 menyediakan infrastruktur data dengan biaya minimun untuk bisnis skala kecil dan menengah, seperti kantor cabang, atau kantor dengan lokasi terpencil yang memerlukan kemampuan pencadangan (backup) lokal, dan operasi server virtual yang disederhanakan.

“Hitachi Vantara hadir untuk memberikan teknologi inovatif yang dapat membantu para pemimpin bisnis di Asia Pasifik mengelola data yang dihasilkan dalam lingkungan IT mereka,” tutur VP pre-sale dan CTO Hitachi Vantara APAC, Pratyush Khare dalam keterangan yang diterima, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya, modernisasi pusat data diawali dengan pondasi untuk aliran data yang konsisten pada kecepatan tinggi dan low latency. Tidak hanya itu, pusat data juga harus memenuhi dukungan prasyarat beban kerja yang beragam sekaligus integrasi ke multicloud.

Selain itu, menurut Pratyush, bisnis perlu mengadopsi solusi storage yang mengkonsolidasikan beban kerja dengan investasi minimum, memberikan nilai, sekaligus memberikan masukan yang penting.

Dalam hal ini, VSP G130 disebut mampu menjawab tantangan tersebut, terutama untuk pelanggan yang memiliki kebutuhan operasional dalam skala lebih kecil.

“Dengan portofolio lengkap, Hitachi Vantara bukan hanya menjadi mitra solusi bagi perusahaan besar, tapi juga skala kecil dan menengah,” tuturnya.

2 dari 2 halaman

Fitur VSP G130

Ilustrasi (Sumber : Cloudpro.co.uk)

Perlu diketahui, VPS G130 dapat memfasilitasi otomasi pusat data dengan mulus sekaligus meningkatkan efisiensi operasional. Sistem VPS G130 juga didukung oleh Hitachi Storage Virtualization Operating System generasi berikutnya.

VSP G130 sudah mendukung driver OpenStack untuk menawarkan pengalaman serupa cloud kepada penggunanya. Produk ini sekaligus mendukung kontainer untuk mengakselerasi pengembangan aplikasi cloud-native memakai DevOps.

Tidak hanya itu, VSP G130 hadir bersama dengan manajemen storage dan software untuk local replication. Beberapa fitur software tersebut antara lain analitik kinerja infrastruktur, analitik prediktif, dan Hitachi Data Instance Director (HDID).

Saat ini, Hitachi VSP G130 tersedia untuk wilayah Asia Tenggara, Australia, Tiongkok, Hong Kong, dan Selandia Baru. Rencananya, sistem ini baru akan tersedia di seluruh Asia Pasifik pada semester kedua 2019.

(Dam/Ysl)