Hasil Diumumkan Hari Ini, SBMPTN Jadi Trending Topic di Twitter

Liputan6.com, Jakarta – Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ajaran 2019/2020 akan diumumkan pada hari ini, Selasa (9/7/2019), pukul 15.00 WIB. Menjelang pengumuman, warganet sudah ramai membicarakan soal SBMPTN di Twitter sejak pagi hari ini.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, tagar #SBMPTN berada di daftar Indonesia trends. Saat berita ini ditulis, #SBMPTN berada di peringkat kedua Indonesia trends dengan lebih dari 3 ribu twit.

Berikut beberapa twit dengan tagar #SBMPTN yang dikicaukan oleh warganet:

“Lebih deg-degan menunggu pengumuman #SBMPTN daripada menunggu doi yang sedang bergandengan dengan org lain :),” tulis pemilik akun @lalalasel_fi.

“Nungguin hasil #SBMPTN kayak nungguin kepastian dari kamu,” kicau Yoga Dwiladuno dengan akun @dwiladuno.

“Buat yang lulus #SBMPTN jangan terlalu di publish hasilnya. Kasihan, tidak semua orang beruntung kayak kamu dengan hasil SBMPTN,” twit dari @Alfrdz_.

Dear god, If today I lose my hopePlease remind me that Your plans are better than my dreams #SBMPTN,” demikian twit dari @nabilatae_putri.

2 dari 4 halaman

Cek Hasil SBMPTN 2019 di Sini

Sejumlah peserta mengikuti SBMPTN (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengumuman SBMPTN dapat dilihat di laman resmi utama http://pengumuman.sbmptn.ac.id. Mengingat pengumuman akan dilaksanakan secara nasional, tidak menutup kemungkinan akan ada eror pada sistem laman utama.

Oleh sebab itu, panitia SBMPTN 2019 menyediakan laman mirror yang dapat diakses para peserta SBMPTN 2019 untuk melihat pengumuman.

Berikut daftar laman miror yang dapat diakses saat pengumuman SBMPTN 2019 berlangsung:

1. http://sbmptn.unsyiah.ac.id

2. http://sbmptn.unand.ac.id 

3. http://sbmptn.unsri.ac.id 

4. http://sbmptn.unhas.ac.id 

5. http://sbmptn.ui.ac.id 

6. http://sbmptn.ipb.ac.id 

7. http://sbmptn.itb.ac.id 

8. http://sbmptn.undip.ac.id 

9. http://sbmptn.ugm.ac.id 

10. http://sbmptn.its.ac.id 

11. http://sbmptn.unair.ac.id 

12. http://sbmptn.untan.ac.id 

Tampilan laman miror tidak akan jauh berbeda dengan laman resmi utama. Peserta dapat memasukan informasi, seperti nomor peserta SBMPTN 2019 dan tanggal lahir, beserta captcha yang tertera.

3 dari 4 halaman

Peserta Sebanyak 714.652

Bagaimana pengumuman SBMPTN 2018-nya? Selamat buat yang berhasil, buat yang nggak lolos jangan sedih, kamu yang menentukan masa depanmu, bukan SBMPTN! (Foto: Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Setelah memasukan informasi yang diperlukan, maka akan terbuka apakah peserta tersebut lulus atau tidak pada SBMPTN 2019.

Berdasarkan keterangan tertulis dari panitia SBMPTN 2019, sampai batas akhir pendaftaran Senin, 24 Juni 2019 pukul 22.00 WIB, tercatat jumlah peserta sebanyak 714.652. 

Mereka tersebar dari kelompok Saintek sebanyak 320.329 peserta atau setara dengan 50,42 persen, dan kelompok Soshum sebanyak 345.896 peserta yang setara dengan 48,40 persen.

Serta ada pula peserta yang mendaftar kelompok campuran (Saintek/Soshum) sebanyak 8.424 peserta atau setara 1,18 persen dari jumlah peserta seluruhnya.

(Din/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini