Harga Samsung Tab 3 Lite, Tablet Ekonomis di Masanya

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal Samsung? Produsen smartphone terkenal asal Korea Selatan ini telah menjadi pelopor smartphone di dunia.

Tak hanya smartphone, Samsung juga memiliki berbagai produk gadget lainnya. Produk-produk ini antara lain adalah tablet, SmartTV, Samsung Watch dan masih banyak lagi.

Salah satu yang menjadi favorit adalah Samsung Tablet. Telah banyak produk tablet Samsung yang dikeluarkan. Salah satu yang menjadi incaran pada masanya adalah Samsung Tab 3 Lite.

Samsung Galaxy Tab 3 Lite diperkenalkan untuk pertama kali pada 16 Januari 2014. Samsung Tab 3 Lite merupakan versi rendah dari Samsung Tab 3 L yang telah dirilis sebelumnya. Berikut spesifikasi Samsung Tab 3 Lite yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

2 dari 6 halaman

Desain dan Layar Samsung Tab 3 Lite

Samsung Tab 3 Lite ini didesain dengan tampilan ramping dengan dimensi 93.4 x 116.4 x 9.7 mm dan ukuran 7 inci.

Sedangkan untuk layar, tablet ini mengusung layar beresolusi 600 x 1024 piksel dengan kerapatan hingga 170 ppi. Tablet ini juga dilengkapi dengan sensor ‘kapasitif multi-touch’ di mana Anda dapat dengan mudah menyapu layar tanpa harus menekan keras pada permukaan layar tablet. Samsung Tab 3 Lite juga memiliki 2 pilihan warna yaitu hitam dan putih.

3 dari 6 halaman

Performa dan Fitur Samsung Tab 3 Lite

Samsung Tab 3 Lite didukung dengan prosesor Dual Core berkecepatan 1.2 GHz serta dilengkapi RAM sebesar 1 GB. Samsung Tab 3 Lite memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas multitasking seperti membuka aplikasi secara bersamaan dengan lebih lancar, memuat koneksi internet lebih cepat, serta transisi UI halus dan power-up yang lebih lembut.

Fitur unggulan Samsung Tab 3 Lite yang menjadikan tablet ini laris manis di pasaran adalah adanya dua fitur baru yang pada varian sebelumnya tidak tersedia, yakni fitur Samsung WatchOn dan Multi Windows.

Fitur Samsung WatchOn adalah fitur yang memungkinkan tablet Anda menjadi pemandu aktivitas menonton TV. Fitur ini akan memberikan saran tentang berbagai program sesuai jadwal acara stasiun TV yang bersangkutan. Selain itu fitur ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pelacak channel sekaligus remote TV.

Sedangkan fitur Multi Windows menjadikan tablet ini mampu memberikan pengalaman multitasking yang sebenarnya. Hanya dengan mengetuk layarnya saja seketika Anda dapat membuka jendela pada tablet tersebut dalam bersamaan. Seperti mengecek email, membuka maps, membuat catatan, atau melakukan aktivitas-aktivitas lain sambil terus melakukan panggilan.

4 dari 6 halaman

Kamera dan Konektivitas Samsung Tab 3 Lite

Samsung Tab 3 Lite juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 2 MP auto fokus. Dengan ukuran gambar 1600 x 1200 piksel dan fitur geo-tagging, kamu akan merasa lebih mudah untuk mengabadikan setiap momen berhargamu dengan tablet Samsung Tab 3 Lite. Sayangnya tablet ini tak dilengkapi dengan kamera depan dan fitur flash.

Untuk konektivitas, Samsung Tab 3 Lite telah dirancang untuk memberikan kenyamanan berinteraksi dan bertukar data secara nirkabel. Hanya dengan sentuhan jari,tablet ini dapat menjalankan EDGE, 3G dan HSDPA yang dapat membuat Anda tetap terhubung ke dunia internet kapan dan di mana saja. Sedangkan untuk nirkabel jarak pendek, tablet ini juga dibekali Wi-Fi dan Bluetooth 4.0 yang dapat mengirim atau menerima file secara cepat.

5 dari 6 halaman

Spesifikasi Samsung Tab 3 Lite

Samsung Tab 3 Lite memiliki spesifikasi mumpuni pada masanya. Sebagai tablet yang didesain bagi pasar menengah ke bawah, Samsung Tab 3 Lite sudah cukup memiliki nilai fungsional bagi penggunanya.

Untuk kapasitas baterai, tablet Samsung Tab 3 Lite ini mengandalkan baterai Non-removable Li-Ion 3600 mAh. Artinya jenis baterai ini merupakan baterai tanam, dinilai awet dan tak mudah rusak. Samsung Tab 3 Lite ini juga memiliki kemampuan waktu bicara selama 8 Jam.

Samsung Galaxy Tab 3 Lite dibekali RAM 1 GB dan pengolahan grafis Vivante GC1000. Sehingga performanya tetap cepat saat digunakan untuk bermain game dan menjalankan aplikasi dalam jumlah banyak atau multitasking. Selain itu, Samsung juga memberikan memori internal sebesar 8 GB yang dapat didukung oleh memori eksternal microSD hingga mencapai 32 GB.

6 dari 6 halaman

Harga Samsung Tab 3 Lite

Jika pada awal kemunculannya di tahun 2014, harga Samsung Tab 3 Lite dibanderol dengan harga 1,9 jutaan.

Namun seiring berjalannya waktu, makin banyak produk-produk tablet dari Samsung maupun merk lain yang bermunculan. Produk-produk baru ini akhirnya mampu menggeser posisi Samsung Tab 3 Lite. Hingga saat ini harga Samsung Tab 3 Lite mengalami penurunan.

Di Indonesia sendiri, Samsung Tab 3 Lite sudah jarang ditemui. Harga Samsung Tab 3 Lite baru dibanderol pada kisaran Rp 900 ribuan. Sedangkan harga Samsung Tab 3 Lite bekas dibanderol sekitar Rp 700-800 ribuan. Harga Samsung Tab 3 Lite ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan pergerakan pasar yang ada.