Harga Oppo Mirror 5 dan Spesifikasi 2019, Desain Premium dengan Harga Terjangkau

Liputan6.com, Jakarta Kiprah smartphone Oppo di pasaran gadget Tanah Air semakin hari semakin berkembang pesat. Smartphone besutan Tiongkok ini menjadi smartphone paling popuper kedua di Indonesia berkat keunggulan fitur selfienya. Oppo bertengger di posisi kedua di bawah Samsung yang merupakan produsen smartphone asal Korea Selatan. 

Oppo pertama kali masuk industri gadget Indonesia pada tahun 2013 silam. Sejak saat itu, Oppo telah mengantongi berbagai penghargaan sehingga tak heran semakin menarik perhatian para penggemar gadget. Rahasia Oppo dalam menguasai pasar tanah air tak lain dan tak bukan ada pada iklan dan pemasarannya yang ciamik.

Oppo selalu mengikuti perkembangan budaya masyarakat, misalnya budaya swafoto yang tidak dapat dielakkan. Produk Oppo dianggap jadi salah satu yang paling gencar untuk mempromosikan smartphone berkemampuan ‘selfie’ seakan-akan telah menjadi kebutuhan primer.

Sebelum berkibar menjadi produsen smartphone dengan predikat juara selfie, Oppo lebih dulu memanjakan penggunanya dengan desain dan tampilan yang ciamik. Salah satu produk Oppo yang tidak boleh dilewatkan adalah Oppo Mirror 5. Kover belakang Oppo Mirror 5 identik dengan kata cantik mengingat desainnya berupa kilauan garis heksagonal yang begitu anggun.

Lalu, berapa harga Oppo Mirror 5 beserta spesifikasinya yang sangat elegan untuk digenggam? Berikut Liputan6.com paparkan spesifikasi dan fitur lengkap yang ditawarkan Oppo Mirror 5, yang dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

2 dari 5 halaman

Harga dan desain

Harga Oppo Mirror 5 Baru dan Bekas

Oppo Mirror 5 dirilis di Indonesia pertama kali pada Agustus 2015 silam. Harga Oppo Mirror 5 saat peluncuran perdana dibanderol dengan harga Rp 2.990.000. pada hari ketiga penjualan, Mirror 5 ludes dipesan akibat respon masyarakat yang sangat tinggi. Harga terbaru dari ponsel pintar ini kini turun drastis di kisaran angka Rp 1.7 juta. Untuk harga bekasnya, Oppo Mirror 5 bisa dibeli dengan harga Rp 800 ribu.

Desain dan Tampilan Oppo Mirror 5

Oppo Mirror 5 memiliki desain potongan berlian yang sangat elegan, dengan balutan material fibered glass. Desain ini persis sama dengan seri pendahulunya, R1X yang mana memiliki desain dengan konsep teknik UV embossing.

Disebut dengan Mirror 5 karena ponsel pintar ini disuguhkan dengan kover belakang yang mengkilap serta bermotif potongan berlian dengan harga Oppo Mirror 5 yang terjangkau. Mirror 5 dibekali layar 5 inci dengan berat 160 gram. Varian warna yang tersedia yaitu putih dan biru.

3 dari 5 halaman

Dapur pacu dan kamera

Dapur Pacu Oppo Mirror 5

Smartphone besutan Negeri Tirai Bambu ini disokong dengan RAM sebesar 2GB. Sistem operasi yang digunakan berupa Android 5.1 (Lollipop) yang berchipset Qualcomm MSM8916. Disuguhkan dengan mesin Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53.

Memori penyimpanan internal Oppo Mirror 5 adalah 16GB. Selain itu, terdapat slot MicroSD untuk memperluas penyimpanan hingga 128 GB. Terdapat pula fitur remote control sehingga pengguna dapat mengatur berbagi macam peralatan elektronik hanya dalam genggaman, meski dengan harga Oppo Mirror 5 yang tidak mahal.

Kamera Oppo Mirror 5

Kamera depan dan belakang Oppo Mirror 5 masing-masing berukuran 5MP dan 8MP autofocus. Kualitas video yaitu 1080p@30fps. Kamera belakangnya dilengkapi LED Flash serta fitur HDR dan Panorama.

Selain itu, harga Oppo Mirror 5 yang ramah kantong itu juga ditanam fitur Beautify 3.0 yang mampu menangkap foto selfie yang natural dengan mudah. Oppo pun memoles fitur kamera Mirror 5 dengan fitur pemrosesan gambar Pure Image 2.0+ yang dapat menghasilkan gambar Ultra HD.

4 dari 5 halaman

Kapasitas Baterai dan Kartu SIM

Untuk kapasitas baterai, harga Oppo Mirror 5 terbaru yang berkisar Rp 1.7 juta itu memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 2.420 mAh, sama persis dengan pendahulunya yaitu Oppo R1X.

Di samping itu, ukuran kartu SIM yang digunakan Oppo Mirror 5 berupa mikro SIM dan Nano SIM.

5 dari 5 halaman

Perkembangan Oppo Terbaru

Oppo Bangun Pusat Riset

Pada bulan April tahun 2018 lalu, Oppo mengumumkan telah membangun pusat riset Oppo Research Institute. Tujuannya adalah melakukan penelitian pada bidang 5G, AI, pemrosesan gambar, dan material baru, serta software, dan hardware.

Di waktu yang sama, Oppo juga mengumumkan, mereka akan menginvestasikan 10 miliar Yen untuk dana riset dan pengembangan di tahun 2019. Dana riset tersebut akan dipakai untuk fokus pada bidang AI, 5G, dan bidang lainnya.

Oppo Lampaui Samsung di Thailand

Perusahaan riset pasar Canalys merilis laporan pangsa pasar dan pengapalan smartphone di Thailand pada kuartal IV 2019. Berdasarkan laporan tersebut, Oppo berhasil melampaui pangsa pasar Samsung di negara tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (15/2/2019), Oppo menguasai 22,2 persen pangsa pasar smartphone di Thailand, naik 69,8 persen year-on-year. Sementara Samsung berada di posisi kedua dengan 21,1 persen pangsa pasar, turun 36,1 persen.

Samsung dan Apple mengalami kondisi tidak cukup baik di pasar smartphone pada tahun lalu. Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), pangsa pasar keduanya mengalami penurunan di tengah lemahnya kondisi industri smartphone.

 Dilansir dari Phone Arena, yang mengutip data IDC, Samsung masih memimpin pasar smartphone global pada tahun lalu dengan pangapalan 292,3 juta unit dan 20,8 persen pangsa pasar. Namun, jumlahnya turun 8 persen dibandingkan 317,7 juta smartphone yang dikapalkan pada 2017. Pangsa pasarnya pun turun 0,9 persen.