Hacker Mampu Retas Komputer via Kabel iPhone yang Dimodifikasi

Liputan6.com, Jakarta – Tak dapat dimungkiri, harga aksesoris produk Apple yang resmi memang terbilang cukup mahal bagi sebagian penggunanya.

Karena hal tersebut, tidak sedikit pengguna perangkat Apple ini memilih untuk membeli aksesoris pihak ketiga–tidak resmi–yang membanderol harga lebih murah.

Namun, harga yang lebih murah dan tidak mendapat “restu” dari Apple itu berpotensi menimbulkan masalah, seperti keamanan dan kompatibilitas terhadap perangkat.

Selain alasan di atas, nyatanya peneliti keamanan yang dikenal dengan inisial MG mengklaim mampu meretas komputer pengguna hanya lewat kabel Lightning palsu buatannya.

Mengutip laporan Hackaday, Rabu (14/8/2019), saat dicolokkan ke komputer, kabel ciptaannya yang diberi nama O.MG Cable (Offensive MG Kit) ini dapat memberikan akses kepada hacker untuk masuk ke komputer pengguna dari jarak jauh.

Lebih lanjut, kabel palsu yang dikembangkan oleh MG ini merupakan kabel Lightning asli yang dibeli dari Apple.

Setelah itu, kabel Apple tersebut dimodifikasi dengan menggunakan komponen tambahan, dan dilengkapi dengan skrip dan command yang memungkinkan hacker menjalankan program jahat di komputer korban.

2 dari 2 halaman

Dijual Ketika DefCon 2019

Ilustrasi hacker (iStockPhoto)

Lebih lanjut, MG memperlihatkan dan menjual kabel modifikasi buatannya ini saat DefCon 2019 dengan harga 200$ atau sekitar 2.9 juta rupiah.

Pembeli juga akan mendapatkan beberapa fitur khusus yang akan diberikan, yakni alat programmer.

DefCon sendiri merupakan ajang pertemuan orang-orang yang menyukai hal-hal seputar peretasan (Hacking) yang biasanya diadakan di Las Vegas.

(Keenan Pasha/Ysl)