Google Doodle Ikut Ramaikan Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta – Menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang diselenggarakan hari ini, Google turut meramaikannya dengan menampilkan ilustrasi menarik di laman pencariannya.

Ilustrasi Google Doodle kali ini, menampilkan sejumlah orang yang baru saja menggunakan hak suaranya.

Dalam ilustrasi tersebut, diperlihatkan enam orang yang bersiap memasukkan surat suara ke kotaknya.

Dikutip dari situs resmi Google, Rabu (17/4/2019), ilustrasi memang ditujukan untuk merayakan Pemilu 2019 di Indonesia, sehingga hanya akan terlihat untuk pengguna di Tanah Air.

Adapun saat Google Doodle tersebut di-klik, pengguna akan dibawa ke hasil pencarian berisi rangkuman informasi seputar Pemilu 2019 dari situs pintarmemilih.id.

Jadi, pengguna dapat mengetahui sejumlah informasi yang berkaitan dengan digelarnya Pemilu kali ini.

“Pemilih yang telah terdaftar di dalam Daftar Pemilih (DPT/DPTb/DPK), dapat menyalurkan suaranya dengan membawa Formulir C6 dan datang ke Tempat Pemungutan Suara yang telah ditentukan mulai pukul 07:00 – 13:00 waktu setempat,” tulis keterangan dalam laman tersebut.

Selain itu, hasil pencarian tersebut juga memberikan informasi mengenai tata cara Pemilu tahun ini. Tidak hanya itu, pengguna turut diberitahu bahwa dalam Pemilu kali ini diminta untuk memilih lima entitas berbeda.

Entitas yang dimaksud adalah Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, termasuk Anggota DPRD Kabupaten/Kota (kecuali DKI Jakarta).

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Pemilu 2019, pengguna Google dapat mengklik poin-poin yang sudah ditampilkan di bagian selanjutnya. Salah satunya adalah informasi mengenai hal yang harus dibawa ke TPS saat pemilihan.