Gaet Wisatawan, Grab dan Kemenpar Hadirkan Moda Transportasi Ikonik

Liputan6.com, Jakarta – Grab bersama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengumumkan kerja sama, dan berkomitmen menghadirkan terobosan moda transportasi lokal ikonik.

Adapun moda transportasi lokal ikonik ini sudah tersedia di tiga kota, yaitu GrabBajay di Jakarta, GrabBetor di Medan, dan GrabBentor di Gorontalo.

Grab dan Kemenpar berharap, terobosan moda transportasi inibakal menjadi daya tarik pariwisata Indonesia, dan tentunya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata serta menambahkan pengalaman unik juga menarik.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif Grab dalam mendukung program ‘Wonderful Indonesia’, dan komitmen untuk meningkatkan kualitas moda transportasi lokal ikonik sehingga dapat memberikan pengalaman unik serta menjadi daya tarik wisatawan ini,” jelas Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (29/6/2019).

“Kami sangat senang dapat terus berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata untuk menghadirkan teknologi digital untuk mendukung pariwisata Indonesia yang kaya akan destinasi menarik dan kaya akan budaya,” jelas Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia.

“Dengan memanfaatkan teknologi, kami ingin meningkatkan kualitas dari moda transportasi lokal ikonik ini, sehingga dapat dinikmati wisatawan lokal dan mancanegara dengan lebih mudah dan nyaman.”

2 dari 3 halaman

Luncurkan Kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat

10 Fakta Terbaru Tentang Grab SuperApp yang Perlu Kamu Tahu

Tahun lalu, Grab juga telah meluncurkan kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat dengan Kementerian Pariwisata untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi wisatawan yang mengunjungi Indonesia.

Kali ini, Grab melihat potensi dukungannya yang besar terhadap pariwisata Indonesia dengan melakukan terobosan untuk menggandeng transportasi bajay untuk diintegrasikan dengan teknologi Grab.

Melalui fitur GrabBajay, Grab berusaha untuk meningkatkan penghasilan dari mitra pengemudi dan pemilik bajay melalui peningkatan produktivitas mereka.

Di samping itu, dengan solusi transportasi yang unik, cepat, aman, nyaman, dan dengan harga yang terjangkau bagi wisatawan, masyarakat di sekitar destinasi wisata juga dapat memperoleh dampak ekonomi dari kunjungan tersebut.

Oleh karena itu, dengan kolaborasi bersama Kementerian Pariwisata Indonesia, kehadiran GrabBajay, GrabBetor, dan GrabBentor dapat menjadi solusi yang menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke Indonesia.

3 dari 3 halaman

Kunjungan Jumlah Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Ridzki Pramadibrata, President Grab Indonesia dan Arief Yahya, Menteri Kemeterian Pariwisata RI saat peluncuran GrabBajay di Jakarta. (Doc: Grab)

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, di bulan April 2019, terdapat sekitar 1,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, meningkat 0,11% dibandingkan dengan bulan April 2018.

Oleh karena itu, dengan sekitar 11.000 angkutan bajay di Jakarta yang digunakan untuk mengunjungi beberapa destinasi ikonik Jakarta, peningkatan kualitas transportasi lokal juga berpotensi menambah daya tarik destinasi pariwisata, sehingga wisatawan dapat merasakan pengalaman unik ketika berwisata.

(Ysl/Isk)