Fungsi Monitor dan Jenisnya, Dari Tabung Hingga LED

Perkembangan teknologi memang cukup pesat, olah karena itu jenis-jenis dari monitor pun semakin beragam. Selain itu, cara kerja dari masing-masing monitor ini juga berbeda. Berikut ini beberapa jenis monitor yang perlu kamu katahui mulai dari monitor tabung hingga LED.

1. Monitor CRT

Monitor CRT atau Cathode Ray Tube merupakan jenis monitor tabung. Monitor CRT ini tersusun dari tabung vakum yang berisi sumber elektron. Selain itu, monitor ini pun memiliki pancaran sinar katoda. Monitor tabung atau monitor CRT ini pun mulai ditinggalkan para pengguna komputer. Hal ini dikarenakan banyaknya jenis monitor yang mulai muncul.

Karena mulai jarang digunakan, harga dari monitor tabung ini pun cukup rendah. Namun meskipun harganya cukup terjangkau, akan tetapi daya listrik yang dibutuhkan masih cukup tinggi, yaitu 300 watt. Bentuk dari monitor tabung ini cukup khas dengan bagian belakang yang cukup besar. Selain itu, terdapat dua jenis layar monitor pada jenis CRT ini. Layar monitor yang digunakan bisa menggunakan layar monitor cembung dan juga layar monitor datar.

Untuk cara kerja dari layar monitor ini menggunakan pancaran sinar katoda yang ada pada tabung hampa udara. Kemudian sinar tersebut akan memantulkan layar dengan membentuk sebuah pola. Pola tersebut kemudian dikonversi menjadi sebuah gelombang elektromagnetik. Sehingga tampilan pada layar pun bisa menampilkan data grafis.